berebut menuju ummul quro university


ummul quro

ummul quro

besar namanya menggaung di belahan bumi islam. meluluskan banyak ulama yang tidak lagi diragukan kompetensinya. ratusan atau mungkin ribuan stofmap formulir teralamatkan ke bagian administrasi, namun kapasitas selalu menjadikan kendalanya.

iming-iming belajar di tanah suci dengan fasilitas yang memadai memang sangat menggiurkan. sapa sih yang nggak pengin kuliah di universitas termasyhur di makkah. berikut tips and trick berebut ke kursi UQU.

model belajar

setidaknya ada tiga model belajar yang dikenal di makkah

  • muntadzim, pelajar dengan segala kewajiban dan hak yang penuh.
  • muntasib, pelajar hanya dibebani dengan kehadiran di setiap ujian.
  • mustami’, hampir sama dengan muntasib, namun tidak mendapatkan fasilitas penuh.

fasilitas

bagi pelajar yang memilih menjadi muntadzim akan mendapatkan fasilitas berupa:

  1. asrama
  2. mukafa’ah (uang saku), 840 sr/bulan
  3. visa pelajar
  4. kantin pelajar

pendaftaran

ummul quro university memakai dalam pendaftarannya dengan sistem murosalah (mengirim berkas) dan tidak mengenal pembukaan atau penutupan pendaftaran (pendaftaran sepanjang tahun). berkas yang diajukan diantaranya:

  1. foto kopi passpor
  2. ijazah
  3. daftar nilai
  4. surat kesehatan
  5. rekomendasi (minimal dua)
  6. foto
  7. formulir

semua berkas diterjemahkan ke dalam bahasa arab dengan penerjemah resmi dan dikirim ke alamat universitas, http://www.uqu.edu.sa atau bisa dititipkan jika saudara berangkat umroh atau haji.

peluang diterima

kebijakan dapat berubah sewaktu-waktu, namun di setiap tahun universitas ini hanya menerima 3 mahsiswa dari indonesia untuk didudukkan di ma’had lughoh (language college) selama 2 tahun, dan kemudian diadu untuk diambil dari ketiganya seorang mahasiswa ke jenjang S1.

jalur ‘underground’

menghadapi kenyataan yang sulit, menjadi ketiga pilihan dari ratusan pendaftar adalah sebuah untung-untungan. seorang yang pandai tidak mesti diterima, dan yang kurang pandai belum tentu ditolak. jika anda merasa diri anda pantas untuk belajar di universitas ini, berikut jalan keluarnya.

anda dapat belajar di ummul quro walaupun anda belum terpilih, dengan cara mengambil jalur mustami’.

kendala visa adalah penghambat terbesar untuk menghantarkan anda ke tanah suci. inilah fakta yang ada ketika dunia telah dipetak-petakkan. untuk menembus jalan itu, visa pekerja menjadi solusi. selamat berjuang, sahhalallahu umurokum

About these ads

Perihal rafiq jauhary
freelance writer, self publisher, professor of hajj and umra

193 Responses to berebut menuju ummul quro university

  1. pangkopdar mengatakan:

    Salam kenal Mas Rafiq…… Salam Bala Tidar…. :)

    • rafiq jauhary mengatakan:

      yap,, salam salam

    • defiardi mengatakan:

      assalammualaikum wr wb,

      mas Rafiq kenalkan nama saya defiardi di Jakarta, mohon informasinya untuk lulus ujian Cambridge berapa mata pelajaran yang diterima di Ummul Quro ? anak saya sangat berminat untuk mengambil Alqur’an dan Hadits.

      terimakasih atas bantuan mas rafiq sebelumnya.
      wassalamualaikum wr.wb
      defiardi/
      0813 1073 7779

      • rafiq jauhary mengatakan:

        kalau berminat, kirim berkasnya aja dulu pak.. nanti penjurusan ada setelah menempuh 2 tahun program bahasa..

      • defiardi mengatakan:

        terimakasih mas rafiq untuk balasannya, perlu saya informasikan bahwa skrg ini anak saya baru kelas 1 SMA ( Pesantren International Boarding School Cabang Al-Azhar Cairo, di Jkt ), minggu lalu anak saya Alhamdulillah diterima dalam program CAMBRIDGE dan menurut guru pembimbing bila anak saya mau mengambil Jurusan Qur’an Hadits atau Tafsir maka dalam pelajaran CAMBRIDGE harus mengambil : Bahasa Arab, Islamic Studies dan Islamiyat.

        Dalam Program Cambridge schedule Mei – Juni Ujian lalu Nopember tahun ini Pengumuman dan bila dinyatakan LULUS maka tidak perlu menyelesaikan SMA selama 3 tahun tapi dengan TANDA LULUS CAMBRIDE maka si anak sudah bisa mengikuti Belajar Lanjut di Seluruh Dunia ( tidak diperlukan IJAZAH DIKNAS ).

        Sehubungan dengan hal diatas maka apakah Ummul Quro menerima 2 atau 3 Pelajaran yang tertulis diatas ? sebab ada Universitas yang menerima 2 pelajaran saja, untuk memastikan jumlah pelajaran 2 atau 3 yang bisa diterima oleh Ummul Quro University makanya saya mengajukan pertanyaan kepada mas rafiq.

        mohon maaf bila ada yang kurang dalam penyampaian dari saya,

        salam//
        defiardi

      • defiardi mengatakan:

        mas rafiq,

        untuk pengiriman berkas nanti maka mohon bantuannya untuk menuliskan alamat lengkap Ummul Quro ya ?

        tks//
        defiardi

      • defiardi mengatakan:

        halo mas rafiq,

        tolong informasinya untuk nama Universitas terbaik di Madinah ya ? bagaimana cara masuknya / testnya ? apakah bisa test masuk untuk Universitas Madinah di Jakarta ? bila ada tolong berapa nomor teleponnya,

        terimakasih sebelumnya.

        salam//
        defiardi

    • saepul aman mengatakan:

      ust afwan ana minta formulirnya harap di kirim ust,,,berkasy apa aja yg di terjemaahkan masa paspor juga ust

  2. muhlisin mengatakan:

    menarik sekali…
    njengan juga salah satu yang lolos ya…..

    salam kenal mas.

    • rafiq jauhary mengatakan:

      salam kenal juga…

  3. na2ngismail mengatakan:

    Assalamu’alaikum… artikelnya sangat menarik. sebetulnya saya pun ingin pergi ke saudi minimal untuk belajar bahasanya, bagaimana caranya?mohon solusi. boleh tukar link?

    • rafiq jauhary mengatakan:

      coba kalo ada karabat yg berangkat haji atau umroh,, titipkan berkas2nya…
      trus suruh dia waktu maghrib ke masjidil harom,, di bawah tempat adzan biasa buat base camp mahasswa indonesia,, titpkan berkasnya aja sama mereka, biar mereka yg ngajuin ke univ…

      boleh tukar link,,

      • sholikhudin mengatakan:

        mf, seandainya mengambil S2 lughoh bagaimana?
        sy dulu pernah kesana selama 3 tahun cuma menjadi perwakilan di maktab badawud lil istiqdam (di Jarwal al gaslha) namun keinginanku untuk melanjutkan ke universitas gagal, akhirnya belajar di indonesia, ini dah selesai PPL dan menuju skripsi. tolong semua persyaratan di kirim via email kalau ada, insya allah kalau ortu ngijini melanjutkan lagi kesana.
        sholikhudin, kudus jawatengah

      • rafiq jauhary mengatakan:

        untuk pasca sarjana, ummul quro lebih mementingkan lulusan dari ummul quro juga…
        ana belum tahu sejarahnya ada yang demikian

      • abdillah mengatakan:

        mksud mas rofiq,yang mmbuat base camp d bwah tmpat adzan to masswa dari umul quro’….?????

  4. ardan aja,, mengatakan:

    menarik…….. banyak cerita,_ ana nyusul smoga…………………….hmm

    • rafiq jauhary mengatakan:

      amien,, Allah akan mempermudah jalan siapa saja yang sungguh2 dan telah membulatkan tekad…

  5. Imaduddin mengatakan:

    assalam,,,

    afwan akh, ana pgn nanya, kLo ngambil mustami bayar gak?

    • rafiq jauhary mengatakan:

      semua sekolah / univ di saudi g ada yang bayar,, termasuk mustami’ pun g bayar… cuman, g dapet fasilitas asrama dll

      • dheeta??? mengatakan:

        kalo mustamik caranya gmn mas?????
        …trus soal penginapan gmn????…
        paling harus ngeluarin uang brapa perbulannya tuk bayar tmpat ngekos/asramanya???
        salam knal mas rofiq yang saya hormati,,,

      • rafiq jauhary mengatakan:

        kalo mustami’, pihak universitas hanyanya memberi pendidikan gratis saja, ijazah senilai D2..
        adapun uang saku, penginapan dll, semuanya disiapkan sendiri…
        rata2 perbulan 2juta rupiah, insya Allah itu sisa..
        ya, salam kenal juga

  6. hilman mengatakan:

    Assalamu ‘alaikum ustaadz, kaifal haal? salam kenal, ana hilman dr lampung sumatra.
    ustadz ana mo nanya:”bagaimana cara mudahnya kita masuk universitas umul quro dengan mengambil metode belajar”mustami”? dan bagaimana cara mengurus tempat tinggalnya disana ustadz? krn metode belajar”mustami” g dapat fasilitas asrama dll…!

    • rafiq jauhary mengatakan:

      cara yang ditempuh untuk mustami’ yaitu dengan membeli visa kerja kepada majikan, karena itu satu2nya celah yang terbuka untuk bertahan di saudi dan tanpa terikat kerja dengan majikan ‘kafil’ (penanggung jawab)… dan masalah tempat tinggal kita biasa mengontrak flat apartemen, untuk mahasiswa baru biasa ditampung dulu di mahasiswa lama sebelum mendapatkan kontrakan…

  7. Muhammad Fakhrurrazi Anshar mengatakan:

    How to get a scholarship to ummul Qura’ University? I’m Indonesian, I want to study there…!

    • rafiq jauhary mengatakan:

      just follow the rule registration.. every thing will be okkey…

  8. Muhammad Fakhrurrazi Anshar mengatakan:

    Akhi, Mau nanya apa ada alumni lulusan Pondok Modern GONTOR yang sekarang menuntut Ilmu disana..? Syukron….

    • rafiq jauhary mengatakan:

      iya, yang saya kenal dari gontor ada dua orang… malahan ada yang di pasca sarjana

  9. syaiful anam mengatakan:

    ass.
    ust. mau nanya ni gimana caranya dapet beasiswa dengan catatan muntadzim?
    dan apakah tesnya itu di indonesia atau di universitasnya?
    dan kalo boleh tau apa aja untuk tesnya?
    wass.

    • rafiq jauhary mengatakan:

      untuk ummul quro cukup mengirimkan berkas yang telah diterjemahkan kedalam bahasa arab, tidak melalui test

  10. ukhtiaqeelah mengatakan:

    ustaz, saya dari malaysia dan sudah punya zauj. sudah 2 kali mengirim berkas tetapi masih belum ada titipan jawaban dari ummul quro. gimana ya ustaz andai dari malaysia mahu belajar ke ummul quro? bisa pakai visa kerja juga ya? dan gimana bisa tahu lowongan kerja di makkah? kami nggak punya info. syukran.

    • rafiq jauhary mengatakan:

      ana kurang tahu prosedur untuk negara lain, namun kemungkinan tidak jauh beda… tidak semua pendaftar akan diterima, berkaas yang masuk di ummul quro banyak, padahal setiap negara rata2 diberi jatah 3 orang saja setiap tahunnya… pemberitahuan hanya diberikan kepada mahasiswa yang diterima di universitas, adapun yang tidak diterima tidak ada pemberitahuan.. ada beberapa teman yang mendapat surat panggilan 1 tahun setelah pengajuan berkas, dan juga ada yang 2 tahun setelah pengajuan berkas.. bahkan ada teman yang setiap tahun mengirimkan berkas, namun tidak diterima..

      untuk visa kerja setahu ana malaysia tidak mempunyai jalinan kerjasama tenaga kerja seperti yang dilakukan indonesia,, pekerja malaysia di saudi hanya menempati instansi seperti rumah sakit, perkantoran saja..

      peluang agak terbuka untuk jami’ah islamiyah madinah, ada baiknya ukhti mencoba

      • ukhtiaqeelah mengatakan:

        Syukran untuk penjelasan. Insha-Allah ana wa zauj coba memohon lagi ke Ummul Quro. Afwan ya ustaz. University Islam Madinah khabarnya hanya untuk muslimin?

  11. ibnu afwan mengatakan:

    asslamualaikum
    sebelumnya salam knal akh.. ana ibnu afwan
    mau nanya nanya nh.. di uml qra ada testnya ga kalo masuk??
    n kalo ada apa aja??

    • rafiq jauhary mengatakan:

      tidak akh, setelah mengajukan berkas, jika diterima hanya ada wawancara untuk penempatan kelas saja

  12. Muhamad Nasir mengatakan:

    Ass..ust, klo untu s2 di Univ UQ bisa ga klo s1 qt dri indo, untk s2 ada tes masuk ga? Syukron.

    • rafiq jauhary mengatakan:

      bisa, cuman susahh..
      harus ada jalur khusus..

  13. arianto mengatakan:

    ana asal sambas kalbar indonesia pernah juara fahmil quran tingkat provinsi sekarang ana belajar di lpdi(lembaga pendidikan dakwah islamiyyah) dan ana ingin kuliah di ummul qura bagaimana caranya dan bisakah minta kirimkan

    • rafiq jauhary mengatakan:

      yang saya tahu, ya yang saya tulis di blog saya…
      silakan dibaca-baca

  14. mohammad arsyad mengatakan:

    assalamu’alaikum . . .
    salam kenal ustadz, saya dari cirebon. saya ingin tahu lebih jelas tentang berkas yg dikirimkan lewat mutarojim apakah ada persyaratan tertentu seperti dalam ijazah..
    soalnya ijazah yg saya punya dari aliyah pesantren, dan itu sudah 3 tahun yg lalu.
    belajar di sana adalah impian saya.. doakan ya ustadz, semoga Allah mempermudah jalan saya. . .

  15. rafiq jauhary mengatakan:

    yang penting usia tidak lebih dari 25 tahun akhi

  16. Mustain mengatakan:

    Assalamualikum Wr,Wb.
    aKH, kalau S2 disana ada beasiswanya tidak ? Bagaimana caranaya

    • rafiq jauhary mengatakan:

      beasiswa tetap ada,, cuman prosesnya ana kurang tahu… karena selama ini yang belajar di pascasarjana tuh lulusan S1 ummul quro juga…

  17. zaki kariim mengatakan:

    afwan akh . ana santri kelas 2 aliyah di sebuah pondok pesantren yang menjadikan ummul quro sebagai target pertama tujuan universitas . kira-kira usaha apa saja yang bisa ana lakukan untuk bisa masuk ke universitas luar biasa tersebut ?
    karena umumnya alumni dari pesantren ana melanjutkan ke al-azhar mesir ..
    mohon petunjuknya akh .

    • rafiq jauhary mengatakan:

      mmm,, cari rekomendasi yang kuat…
      usahakan nilai ujian akhir yang bagus,, banyak doa…

      • saepul aman mengatakan:

        ASsalmualaikum ust saya punya ijaza dua ijaza pondok sama ijaza umum,kalo ijaza pondok saya alhamdulillah mumtaz tp umumy tidak,,kira2 gmn apakh kirim dua duay ust,,yg di terjemaahkan apa saja masa paspor juga ust?

      • rafiq jauhary mengatakan:

        Yang dipake ijazah umum yg disahkan kementerian pendidikan/kemenag

  18. arga mengatakan:

    akh..
    ana udah dpet visa ,tp pkerja..
    dan insyaallah abiz lebaran ana berangkat,,!!
    mohon do’anya akh untuk klancarannya…

    • rafiq jauhary mengatakan:

      gak masalah, yang penting pastikan kafilnya bagus…
      yassakallah…

  19. arga mengatakan:

    aiwah….

  20. aji sonhaji mengatakan:

    assalamu’alaikum wr wb ana mau tanya apakah bisa kuliah di universitas ummul qura tanpa menghafal al quran

    • rafiq jauhary mengatakan:

      memang tidak ada persyaratan hafal al-quran, kecuali jika mengambil jurusan qiro’ah yang wajib hafidz

      • febi m mengatakan:

        Salam, Hayyakallah yaa akhi, ana insyaAllah bulan dzulqo’dah ke jeddah jadi petugas haji, ana ingin sekalian tasjiil disana antum bisa bantu?? ana punya tazkiyah dari DR. Yusuf Al Bahuts dosen hadits di ummulqurro, mohon bantuannya jazakallah khoir

      • rafiq jauhary mengatakan:

        ya, insya Allah kita bisa ketemu… nanti janjian aja kalo antum udah nyampe

  21. febi m mengatakan:

    Syukron, lau samahta maa roqmu jawalik??? saaathasilu bik idza washoltu mekkah, baarakallahu fiik

    • rafiq jauhary mengatakan:

      +966547049499

  22. aji sonhaji mengatakan:

    afwan ustad kl untuk mengetahui d terima g,nya melalui apa? terus kl g ada hafalan al-qurannya dalam persyratannya,lalu kapan di tesnya kalo sy sdh mengirimkan persyaratn ke universitas ummul qura?

  23. aji sonhaji mengatakan:

    afwan ustad kl untuk mengetahui d terima g,nya melalui apa? terus kl g ada hafalan al-qurannya dalam persyratannya,lalu kapan di tesnya dan di mana tempatnya dan juga apa saja yang yang di uji dalamtesnya itu supaya sy bisa mempersiapkannya dari sekarang.
    sukron ya ustad.

    • rafiq jauhary mengatakan:

      yang diterima akan dikirimi berkasnya ke alamat yang terlampir…
      setelah mengurus berkas dan berangkat ke makkah, disini akan ditest dalam kampus untuk penempatan kelas…
      testnya umum aja kok,, pengetahuan agama…

      • wahyuddin mengatakan:

        aslmkm.afwan apa wajib diterjemahkan ?

      • rafiq jauhary mengatakan:

        semua berkas diterjemahkan ke penerjemah resmi

  24. aji sonhaji mengatakan:

    syukron ustad, ustad mislkn nilai akhirnya itu tdk jayyid jiddan/mumtaz apakah masih ada kesempatan untuk masuk ke universitas ummul qura? ustad mf mau nanya lagi kalo misalkan kalo dah di terima itu mendapatkan beasiswa engga?

  25. aji sonhaji mengatakan:

    mf tad ada lagi kalo untuk formulirnya gimana ya apa dari kedubes arab/dari pihak sekolah?

  26. aji sonhaji mengatakan:

    tad katanya meskipun tidak di terima masih bisa untuk belajar di ummul qura dgn cara mengambil jalur mustami, nah crnya tu tad gimana? apakah kita langsung daftar ke universitasnya/ ke kedubes arab atau juga melalui berkas lagi? mf ya tad kalo sy banyak bertanya. syukron tad dajakumullahu bil khoer

  27. ria mengatakan:

    stad, apakah untuk mahasiswa perempuan harus mempunyai mahrom di sana??

    • rafiq jauhary mengatakan:

      setau ana, seperti itu

    • ratih mengatakan:

      ass.tad ambil formulir nya bisa diambil di mana tad

      • rafiq jauhary mengatakan:

        formulir diambil di ummul quro, atau mungkin nanti coba saya ambilkan contohnya, ana scan dan silakan bisa anda cetak sendiri

    • saepul aman mengatakan:

      afwan ust ana minta formulirnya ust

  28. agung wahid mengatakan:

    assalamualaikum
    asta’fikum yaa sayyidii law samahtum
    ana ingin bertanya tentang rekomendasi yang antum maksudkan ..?

    ana mohon maaf kalau pertanyaan ini menyibukkan antum …
    dan ana ingin konsultasi dengan antum lebih dalam gimana caranya .?
    no saya 081249222555 kalau antum berkenan
    sekali lagi saya ucapkan mohon maaf dan terima kasih atas segala jawabannya
    wassalamualaikum

    • rafiq jauhary mengatakan:

      rekomendasi bisa antum dapatkan dari manapun,, bisa dari RT/RW, sekolah, depag, kepolisian, ormas islam atau perseorangan misalkan ulama dikenal di kota antum, atau yang lainnya…

  29. MILA azkiya mengatakan:

    “Assalamualikum,sebelumnya salam silaturrahim,af1 kalau untuk akhwat apa kesempatan beasiswa terbuka sama spt ikhwan Jazakumullh

    • rafiq jauhary mengatakan:

      iya, tapi syaratnya harus ada wali atau mahromnya,..

  30. MILA azkiya mengatakan:

    “Assalamualikum,sebelumnya salam silaturrahim,af1 kalau untuk akhwat apa kesempatan beasiswa terbuka sama spt ikhwan? Jazakumullh

  31. afief el ashfahany mengatakan:

    asslmualaikm,,, ustadz apakah jika saya muqabalah langsung k sana, kmungkinan di terimanya lbh bsar? kalo ada testnya spt apa testnya? syukron

    • rafiq jauhary mengatakan:

      tidak ada muqobalah di ummul quro,, kalau mau muqobalah, bisa di madinah…
      yang ditest paling seputar pengetahuan islam aja kok, insya Allah peluangnya lebih besar…

  32. rendy pratama agusta mengatakan:

    assalamualaikum, ana mau tanya, apakah bisa berbahasa arab termasuk syarat mengikuti program lughog di umm al qura? kemudian bisakah digunakan ijazah sma untuk persyaratannya?
    syukron…

    • rafiq jauhary mengatakan:

      pada dasarnya tidak ada persyaratan demikian, namun jika sudah mengenal bahasa arab pasti lebih baik. iya, justru ijasah SMA yang dibutuhkan

      • aslmkm…. afwn ust. dari pertanyaan akhi rendy pratama agusta, ana ingin menta`kidkan kembali, apakah benar2 dengan ijazah sma, ada peluang untuk diterima di sana? soalnya setahu ana, pihak UQU dan UIM lebih memprioritaskan ijazah pesantren. apakah benar demikian? jazakumullah. wassalam.

  33. narso mengatakan:

    Bismillah Alhamdulillah, saya hari ini punya gambaran kampus yang didambakan anak saya. Ustadz mohon doanya saya punya anak masih di pondok Hidayatulloh yang punya cita – cita sekolah disana. Barokolahu fikum

    • rafiq jauhary mengatakan:

      allah yubarik fiinaa

  34. muhsinin mengatakan:

    Assalamualaikum,

    Makasih infonya. Saya sangat berharap anak saya bisa masuk. Sekarang dia masih kelas 1 Madrasah Aliyah dan sudah hafal 22 juz.

    • rafiq jauhary mengatakan:

      insya Allah, idza shodaqol ‘azmu wadhohas sabil

  35. adi ibn barim mengatakan:

    bismillah..
    mau nanya tadz..klo program muntasib itu berlaku syarat2 spt program muntadzim ?mis. harus d bawah 25 thn..trus cara daftar program ini apa sama dg prog muntadzim?

    baarakallahu fiik

    • rafiq jauhary mengatakan:

      untuk muntasib saya kurang tahu syarat-syaratnya, tapi saya kira peraturannya sama

  36. nabila hasyar mengatakan:

    assalamualaikum akhi,,,salam silaturahim sebelumnya,,langsung az akhi,,yang saya baca pada website lain klo ummul quro itu mewajibkan seluruh wafidin untuk mengikuti program belajar 2 tahun sebelum kuliah, apakah benar demikian,,seandainya langsung ngambil S1disana bisa atou tidak,,kemudian saya sekarang berada di yaman baru tingkat 1 tapi saya gak cocok disini,,seandinya berangkat dari yaman langung ke makkah tanpa ada rekomendasi dari pihak indonesia terlebih dahulu bisa atau tidak???? syukran akhi,,,jazakillah

    • rafiq jauhary mengatakan:

      wa’alaikum salam.. iya betul, harus masuk ma’had lughoh dulu 4 semester, namun jika kemampuan bahasanya bagus, dia bisa menyeleseikan dalam 2 semester.. kemudian jika ingin ke saudi langsung, silakan konsultasikan ke KBRI setempat, ana kurang paham masalah itu

  37. hafizin mengatakan:

    Ass ust ….
    InsyaAllah ana kn brngkt fbruri ne k’Ummul Quro dg visa plajar n mmbwa smua brkas” ana n InsyaAllah ana hfal Al_qur’an 30 juz ,,,
    bgmn ust pa da pluang bgi ana tuk msuk sna n mdah”ah jka ktrima jrusan pa yg pas tuk ana ambil ,,, ???
    Sukron ust ,,,,

    • rafiq jauhary mengatakan:

      wa’alaikum salam…
      antum berangkat dengan visa pelajar? kalo dah dapet visa pelajar kan udah diterima berarti..
      yang jelas februari ana udah di indonesia, tapi masih banyak ikhwah di saudi yang bisa dihubungi.. ma’akumunnajah

  38. prasetya mengatakan:

    ustadz kalo saya ga bisa bahasa arab bisa masuk ga? Karena saya dari SD sekolah negri. Hanya bisa baca tulis al quran dan sedikit kosakata dalam bahasa arab. Lalu untuk tes penempatan kelas tes nya menggunakan bahasa apa? Trus nilai sayid jiddan itu brpa? Diatas 9 kah?

    • rafiq jauhary mengatakan:

      coba antum ikuti aja muqobalah di jamiah islamiyah madinah, peluangnya lebih terbuka… tiap tahun ajaran diterima dari indonesia 110an mahasiswa, full beasiswa…

  39. fathurrahman mengatakan:

    asslam………..
    ust,ap ad persyaratan hapaln al qurannya
    kalau kita masuk lugoh ?

    • rafiq jauhary mengatakan:

      kayaknya sih nggak. cuman ntar ditanya2 aja biasa,, berapa hafalannya, pernah belajar apa aja dll

  40. tohir mengatakan:

    salam alaik akhy
    kl bleh tau hrga visa bebas brp akh?

    • rafiq jauhary mengatakan:

      berkisar antara 8000 real

  41. tohir mengatakan:

    dgn hrga segitu jnengn bs tlong sy carikan g’ gus? Untk d makahnya.

    • rafiq jauhary mengatakan:

      wah, ana gak berani mencarikan untuk orang..

  42. ammar ihsan mengatakan:

    Assalamualaikum ustadzi!!!
    afwan, Ana santri ponpes ust, dan skrg dah kls 3 aliah.bntr lagi mo tammat.
    Ana mo bertanya:
    Ana dengar pndftaran@ bisa scr online (mengisi formulir) ya ustadz? Apkh tu btul, klo btul dimana bisa didpt formulir@??
    Dan kapan pendaftaran@ mulai dibuka dan tahun ajaran baru@ kpn dimulai ust.??
    Sukron!!

    • aslmkm… afwan, untuk akhi ammar ihsan, bisa kenalan via FB. kebetulan ana juga sama punya niat buat lanjut diUQU. tolong add ana di Ihsan Ramadhan Al-Minangkabawiy. syukran. jazakallah.

  43. siti ruttia mengatakan:

    assalamualaikum…
    ust ana saat ini msh mlnjutkan tahfidz di ma’had assyifa dan insylah bln juli 2011 ana lulus…stlh lulus ana sgat ingin mlnjutkan ke ummu quro… impian skli unt ta’lim dsana… bgaimana ust… ana sgt brharap.
    jzakallah khairan ust…
    mhon blsanya di fb ana. almatnya tiahafidzah@yahoo.co.id dg nama tia assyifa.
    wassalamualaikum

    • aslmkm…. afwan, buat ukhti siti rutia, boleh tau, antum ma’had tahfizh asysyifa’, yang di subang bukan? pesantren alam alkhoeriyyah bkn ya? syukran.

  44. A.mujahid mengatakan:

    assalamu’alaikum,,,
    ustadz, berkas yang mau dikirim kalau diterjemahin ke bahasa inggris apa harus lewat penerjemah resmi? (kalau ada penerjemah bhs inggris resmi di indonesia dimana?)
    soalnya kalau pake terjemah bhs arab lumayan mahal,bisa habis 1 jt itupun di jakarta.
    mohon jawabannya …

  45. abu shofi mengatakan:

    min fadhlik..apakah antum sekarang sudah ada di indonesia? law samahtum, ahtaaju roqmak likay as-alukum ‘an kayfiyyah ad diroosah fii ma’ahid (laysa jami’ah) hawla makkah..jazaakallahu khayran

    FB : abu.shofi@ymail.com

  46. Achmad mengatakan:

    as-salāmu `alaykum

    Akh rafiq, ana mau nanya, untuk 2011 kapan pendaftaran ma’had lughoh-nya terbuka, dan kapan tertutup? untuk ambil application form terbarunya dimana ya? krn di di websitenya hanya ada application form yang lama (2009),

    syukron

  47. yustitia mengatakan:

    asslkum,,, akhi rafiq, kl bleh tau jurusan apa saja yang ada d Ummul Quro ?
    apkah ada`jurusan ilmu umumnya?

  48. Al Fadhli mengatakan:

    Formulirnya di mana..?

  49. rosyid mengatakan:

    assalamu’alaikum….

    akhi saya mau tanya… kalau seumpama mau ambil jurusan usuluddin perlu tahfidz qur’an apa tidak?

    o ya sebelumnya salam kenal

    syukron

  50. ade' mengatakan:

    assalamualaikum warohmatullah

    ust, apa yg dimaksud penrjemah resmi ?

    muhammad ade murphy

    • rafiq jauhary mengatakan:

      ada banyak penerjemah resmi.. diantaranya yang saya kenal namanya pak zen m alhadi.. silakan buka link ini https://www.facebook.com/pages/Zen-Muhamad-Al-Hadi/188378116390

      • ade mengatakan:

        ust, kalau penerjemah resmi yang bermukim di makassar ada gak ?

      • ade' mengatakan:

        hayyakumullah

        gimana dg formuliarnya ust ?
        apa semuanya berkas yg dkirim di terjemahkan semua ?

        mhon bimbingannya ust, insa Allah mulai saya siapkan berkas2nya

      • ade mengatakan:

        saya tunggu jawabannya ustadz ??

  51. Afrians Yusuf mengatakan:

    Aslkm… slm knl Ust,,,, kalau mau daftar langsung ke umul quro nya bisa gak….
    dan apakah harus hafidz dulu….

    • rafiq jauhary mengatakan:

      caranya murosalah, seumpama antum langsung ke ummul quro pun tetep g ada tes…

  52. Ibnu Ummi 'Abdi' mengatakan:

    Aslkm… ust klo kita murosalah lewat orang bisa gakkkk

    • rafiq jauhary mengatakan:

      bisa kok, kalo antum ada kenalan, titipin aaja

  53. mujadid mengatakan:

    salam kenal bang…..
    bang minta info ke UQU dong….
    nd saran dari abang cara dafatar ke UQU, kalo lewat umroh gmana ea…

  54. neo mengatakan:

    pak rofiq,ngirimin berkasnya kenana pak???

  55. khaulah mengatakan:

    aslm.Saya sudah mendatangi Ummul quro langsung. namun, orang disana bilang harus lewat safaroh di indo.Tapi orang safaroh bilang gak tau.Saya juga sudah coba telf.Tapi jawabnya bukroh terus. Mohon sarannya

    • Rafiqjauhary mengatakan:

      Kalo daftar langsung ke UQU bisa ke gedung ma’had lughoh, ke bagian imadah syuunith thullab.. Tempatnya di depan mushola

  56. muslimah mengatakan:

    ustadz,, ana seorang muslimah..lulusan SMA, tapi sudah 2tahun ini belajar bahasa arab,
    ana berminat untuk study di ma’had lughah Ummul Qura,,
    ana ada bbrp prtanyaan:
    1.apakah ma’had lughah diperuntukkan bagi yg diterima S1 spti yg ustadz bilang (sudah lolos diterima S1 tapi belajar di ma’had lughah dulu 2tahun)
    2.apakah bisa jika ana tasjil bukan untuk S1 tapi memang sengaja ingin tasjil ma’had lughah?kira2 utk ma’had lughah brp orang yg dterima pertahunnya?
    3.jika setelah berkas lengkap apa harus ada legalisasi oleh kedubes(spti dilegalisir gitu)?
    4.adakah universitas lain di saudi yg mengadakan ma’had lughah? tapi bisa untuk akhwat
    mohon dibalas
    jazaakallah khair

  57. muslimah mengatakan:

    ustadz mau tanya lagi..
    ma’had harom al makki itu berbentuk halaqoh dgn syaikh atau kuliah seperti biasa ? apakah bisa untuk akhwat? beasiswa penuh atau biaya sendiri?

  58. habiburrahman mengatakan:

    assalamu’alaikum wr. wb

    akh,,kpn pembukaan pendaftaran umul quro thn 2012?

    umur dan ijazah ada batas waktunya g akh????

  59. ikhwanfunky mengatakan:

    assalamualaikum akhi..ana dulu pernah ketemu sama yang ngakunya pengajar di UMMUL Qura.dan menawari ana untuk kuliah disana orangnya ini
    http://www.facebook.com/profile.php?id=100000769791581 dan ana dipinta untuk mengirimkan biodata atau cv, sudah ana kirimkan tapi ko sampai saat ini belum ada pengumuman ya lulus atau tidaknya…

  60. Wifkil Bashor mengatakan:

    assalamualaikum afwan,
    saya mau nanya kapan pendaftaran Ummul Quro 2012 di buka??????

  61. yusuf Afriansyah mengatakan:

    aslkm…mz mau nanya & afwan agak sdk banyak pertanyaanya,
    mas berapa orang yang di ambil dari indo. setiap tahunnya…
    maz.. bagaimana kita bisa tau kalu pendaftaran di UQO sedang dbk.. biasanya bulan brp…
    mas brp tahun kuliah di UQO,,apakah kalau mau masuk kuliahnya mulai dari i’da dulu, kok alamt untuk ngirim berkas, agak sulit di buka ya & di mana ngambil berkas pendaftarannya..
    Syukron ,,, ane tunggu jawabany Ust,,,

    • rafiq jauhary mengatakan:

      setiap tahun diambil 2 ato 3 orang aja, malah kadang g ada penerimaan..
      pendaftaran dibuka sepanjang waktu kok, kapanpun antum kirim berkas pasti diterima dan diproses
      setiap mahasiswa yg diterima akan dimasukkan dalam kelas i’dad, baru kemudian siapa yang dapet nilai mumtaz melanjutkan ke S1..

  62. yusuf afriansyah mengatakan:

    Aslkm… maz kok kalau mau ngirim di Alamat Universitasnya gak bisa masuk ya…

    • rafiq jauhary mengatakan:

      lebih baik nitip sama jamaah haji atau umroh, ntar mereka suruh menghubungi mahasiswa ummul quro.. daripada ngirim ntar prosesnya kelamaan

  63. firdaus mengatakan:

    assalamualaikumm,,,
    klu ana kirim berkas bulan juni,,
    kira” kpan mulai pengumuman penerimaan mahasiswa

    • rafiq jauhary mengatakan:

      penerimaan gak diumumkan, hanya yang diterima akan diberi surat.. tapi yang gak diterima g ada pemberitahuan.. kayak ane baru diterima setelah 2 tahun, sebenernya langsung diterima tapi karena selama itu tidak ada asrama yg kosong maka penerimaan ane ditunda

      • firdaus mengatakan:

        berarti kita harus menunggu ya ust,,
        klu kira” cepat terima dari pengumuman terimanya bagaimana ust?
        oya ust…
        kira” dari indonesia berapa org di terima di UQU?

  64. yusuf afriansyah mengatakan:

    Aslkm… Ust Insya@llah sktr Bulan 6/7 Nanti ane mau Umroh, Cuman ane gak punya teman yang kuliah di UQO, di mana Kira2 ane Bisa menemui Mahasiswa UQO… atau bisa menemui Antum Sekalian,, apa Aja yang kira2 dipertimbangkan oleh Syekh2 UQO…
    Syukron…

    • rafiq jauhary mengatakan:

      antum domisili dimana?

      mungkin antum bisa hubungi ini teman ana
      https://www.facebook.com/khoirul.wafa1
      atau
      https://www.facebook.com/ChaaMild

  65. yusuf Afriansyah mengatakan:

    ana dari palembang,,,
    Ana skrang d ma’had Aly An-Nuaimy jakarta n no Hp ane (085312430038)
    ust ane mnita tolong ust sama antum tkng bantu ane.. d daerah ane msh jauh banget dngn islam & ane ngin orang penerang bagi mereka..

  66. firdaus mengatakan:

    kira” dari indonesia berapa org di terima di UQU?

    oya ust ,,
    ust kira” nanti bisa tolong ana untuk urus ke UQU?

    klu bole tau fb ust pa ya ?
    supaya mudah dalam berkomunikasi….

    • rafiq jauhary mengatakan:

      dari indonesia hanya ada 2 ato tiga orang, malah 2 tahun ini gak ada penerimaan..
      nanti insya Alloh bisa ditolong teman2, ana sekarang di Indonesia..
      FB: https://www.facebook.com/rafiq.jauhary

  67. Muhammad Priok mengatakan:

    ust ana mau tanya untuk mustami

    apakah ada batas umurnya?
    dan apakah bisa mengikuti pelajaran terus walaupun sudah dapat ijazah D2, maksudnya tetap mustami untuk S1 dan S2?

    mohon informasinya ana insyaAllah sedang persiapan,
    mohon do’anya semoga dimudahkan, jazakallahkairankatsira

    • rafiq jauhary mengatakan:

      mustami’ gak ada batas umur.. tapi hanya terbatas hingga D2, sementara S1 tidak ada program mustami’

  68. Muhammad Priok mengatakan:

    afwan akh mohon juga info untuk

    syarat masuk Ma’had al-Haram al-Makki ?
    dan jenjang pendidikan, jadwal atau kurikulum di Ma’had al-Haram al-Makki ?

    jazakallahkairankatsira

    • rafiq jauhary mengatakan:

      syarat masuk ma’had al-harom sama dengan lainnya.. tapi visa kudu cari sendiri, pake visa TKI..
      jenjang pendidikan ada dari SD – Perguruan Tinggi.. kurikulumnya ada agama + umum

  69. firdaus mengatakan:

    ust tahun ini bulan apa bisa untuk dikirim berkasnya ke UQU,,,
    dan di mulai bulan berapa pengumuman di UQU,,?

  70. Muhammad Priok mengatakan:

    Maaf Mas Rafiq mau tanya satu lagi,

    untuk jenjang pergururan tinggi di had al-harom berapa tahun ya?
    dan mohon dijelaskan syarat-syarat masuk had al-harom selain visa tentunya?

    jazakallahkhairan katsira

  71. noor hafizah maisin mengatakan:

    Assalammu’alaika..
    salam perknlan.. sya noor hafizah dri mlaysia. saya skrang bru brumur 17 thun.. thun ini akan mnduduki imtihan stam.. sya amat brminat untk memasuki unvrsiti umm al-qura mdinah.. blh tuan bntu saya??? trma ksh

  72. firdaus mengatakan:

    assalamualaikum ya akhi ,,
    ana mau tanya yenyang ma’had haram yang berada di mekkah..
    jadi begini,,
    ana kan lulusan pesantren,,
    jadi bisakah ana masuk ke ma’had haram,,,???
    dan dibulan brpa ma’had haram ad di buka pendaftaran??
    serta apakah di sana da dpat beasiswa??
    jazakallah

  73. Irma St Nurjannah mengatakan:

    salam,,ammu rafiiq gmn kbrnya?wah bagi2 doanya dong biar bisa kesana juga,,hhe,,harapan itu masih ada ke?:D

  74. khodijah mengatakan:

    ustadz, adakah website ma’had haram al-makkiy?? kalau mau cari info ma’had ini tanya ke siapa yaa??

  75. kang roja mengatakan:

    SAlam…
    Impian saya bisa kuliah di Umm al-Quro…
    mohon solusinya ustadz..

  76. Muhammad Daniel Furqon mengatakan:

    Assalamu’alaikum wa Rahmatullah, akhi Rafiq..Hayya-a kum Allah..
    Ana mau tanya antum, adakah batasan umur untuk belajar program S1 di UQ? Ana sdh berusia 39thn berkelulusan Gontor. Sedemikian lama ana menyimpan cita2 unt dapat menuntut Ilmu di Negeri Kabah ini khususnya di UQ. Saya sgt berminat unt dapat mempelajari Syariah. Mohon jawaban segera dari antum.
    Jazaakumullah khairon awfar!
    Waslmkm wa Rahmatullah..

    • rafiq jauhary mengatakan:

      wa’alaikum salam
      sejauh ini ummul quro membatasi maksimal umur 25 tahun,, tapi tak ada salahnya antum mencoba mengirim murosalah dengan menyertakan tulisan berupa permohonan dan menjelaskan bahwa antum memiliki kemauan yang tinggi

  77. Mila Azkiya mengatakan:

    Assalamualaikum, ust kalau untuk akhwat S2 ke Ummul Quro’ bagaimana prosedurnya dan persyaratannya? kalau mau ambil jalur non beasiswa spt apa?jzkumullh

    • rafiq jauhary mengatakan:

      wa’alaikum salam
      ana gak terlalu paham untuk akhwat, tapi relatif sama..
      hanya untuk akhwat harus ada mahrom yg mendampingi,, dan ummul quro sampai skrg msh menutup diri untuk menerima alumni non ummul quro untuk mendaftar di pascasarjana..

      tak ada salahnya anti coba

  78. Muhammad Irvan mengatakan:

    assalamu’alaikum….
    afwan, saya ingin menanyakan beberapa hal :
    1.) apakah paspor perlu untuk diterjemahkan ke bahasa arab?
    2.) berkas-berkas yang dikirim itu terjemahan aslinya atau hanya fotokopiannya?
    3.) mungkin bisa dituliskan alamat lengkap untuk pengiriman berkas-berkasnya?
    4.) untuk bisa mendapatkan formulir yg sebagai syarat pendaftaran itu bagaimana caranya?(tuliskan dengan detail)

    Jazakumulloh

    • rafiq jauhary mengatakan:

      wa;alaikum salam

      1. tidak perlu
      2. fotokopian gakpapa (lbh baik dilegalisir)
      3. bisa dibuka alamatnya di http://www.uqu.edu.sa
      4. bisa dibuka di website atau di album profil facebook saya facebook/rafiq.jauhary pernah saya publikasi scan formulir

  79. Yusuf @friansyah mengatakan:

    aslkm… Minal Aidzin wal faizin Ust, ust dri mana kita tau pengumuman di Umm Al-Quro University. syukron

  80. Muhammad Faruq mengatakan:

    Assalamu’alaikum.wr.wb..
    sebelumnya ane mo ngucapin تقبل الله منا و منكم كل عام و أنتم بخير ….

    Ust,ane udh lulus S1 salah satu perguruan tinggi swasta fakultas ushuluddin.umur ane 22.
    ane sngat berminat bisa kuliah d timur tengah.pertanyaan ane :

    1. ketika menerjemahkan ke bahasa Arab,ane pake ijazah SMA ato pake ijazah yg S1 ?
    2. apa sampe sekarang Ummul Quro Univ. msh hanya menerima 3 mahasiswa asal Indonesia aja?
    3. klo bisa,ane minta contoh lamaran buat murosalahnya,Ust.klo tdk merepotkan..

    jazaakAlloh khoyr …

  81. elin erlina mengatakan:

    assalamu’alaikum mas rifqy. anak saya diprogramkan melanjukan ke luar/timur tengah di antaranya ummul qurra, tau madinah. sekarang kelas XII MAN Ponpes Husnul Khotimah Kuningan Jabar.
    apakah untuk setiap mahasiswa baru masuk harus selalu ke program bahasa dulu?
    adakah persyaratan kemampuan lain, misalnya hifdzul qur’an minimal, ataumenguasai bahasa asing? kalau ada berapa standarnya?
    bagaimana pengiriman berkasnya?
    terimakasih…

    • rafiq jauhary mengatakan:

      ooya, keponakan saya juga di husnul khotimah…

      untuk ke ummul quro harus melalui pendidikan bahasa dulu, tapi kalau ke madinah kalau dia sudah menguasai bahasa arab dia bisa langsung kuliah ke program S1..

      untuk hifdzul quran tidak ada stadar berapa, hanya “lebih banyak lebih baik”

      pengiriman berkas bisa lewat pos atau melalui kerabat yg sedang haji/umroh

  82. Surya Rofi mengatakan:

    klau ujian lisan disana ad ga?

    • rafiq jauhary mengatakan:

      ya, ada..

  83. husna mengatakan:

    hmmm, awesome.

    jadi, untuk s2 di ummulquro bagi lulusan s1 indonesia belum ad peluang kah?

    • rafiq jauhary mengatakan:

      mungkin ada peluang, tapi susah sekali

  84. Farah_F_Mardhatillah mengatakan:

    ‘Afwan semuanya….
    Setahu saya, Ummul Quro itu khusus untuk akhwat deh? Kalau Untuk ikhwan tempatnya di Universitas Islam Madinah. Mohon informasinya ya…
    (Add Me : http://www.facebook.com/ffmardhatillah)
    Syukron….

    • muhammad ade mengatakan:

      fotonya ukuran berapa y ust ?

      • rafiq jauhary mengatakan:

        4X6 sebanyak 4 lembar aja

    • rafiq jauhary mengatakan:

      bukan ukh, di ummul quro ada untuk laki dan perempuan,, tapi kalo di madinah khusus laki2 aja

  85. muhammad ade mengatakan:

    dan berapa banyak ?

  86. fawzy mengatakan:

    assalamualaikum…ustaz saya dari kalbar ……berminat untk sekolah di umul qura….nmr ana 081226645960…..ana mohon bantuan …karna dai sedikit sekali…

  87. shofia mengatakan:

    assalamualaikum, saya berminat mlnjtkan study ke ummul qura, sblmnya apa beasiswa ini brlaku untuk akhwat atau tdk? jazzakillah ustad,

  88. iqbaljon mengatakan:

    assalamualaikum
    akhi mau tanya gimana kalau saya hanya dari sekolah biasa bukan dari pesantren dan belum bisa bahasa arab sama sekali apakah bisa saya mendaptar apakah ada kemungkinan untuk diterimah ???
    saya ingin sekali belajar disana tolalng akhi saran nya gimana

  89. ade mengatakan:

    assalamualaikum
    ustadz, gimana dengan REKOMENDASI yang ditulis tangan, apakah dikirim yang asli atau fhoto copy ??

    jazakumullahu khairon

    • rafiq jauhary mengatakan:

      kirim fotokopian aja.. yg aslinya disimpan…

      besok kalau diterima, yg asli bisa disampaikan

  90. muhammad youngki septia jaya mengatakan:

    assalamualaikum wr.wb
    mas nhe youngki saya pengen kuliah di umul quro yg kata konon ny gratis itu kira” kapan mulai pendaftaran gamna cara tes ny di indonesia di perguruan tinggi apa

    • rafiq jauhary mengatakan:

      waalaikum salam..
      daftarnya mengajukan lamaran aja ke kampus di makkah

      • muhammad youngki septia jaya mengatakan:

        mas rafiq mengajukan lamaran ny itu memakai pesyaratn raport ap dari pengajuan surat dari skolahn

  91. Fitri mengatakan:

    Assalamu’alaikum, Wr. Wb.

    Ust. ana berminat sekali untuk menimba ilmu di Ummul Qura, tapi rasanya sangat mustahil… Sekarang saya sedang semester 1 di jurusan pendidikan Bahasa Arab… Saya memang sangat mencintai Bahasa Arab, tapi pengetahuan saya sangat minim.
    Apakah ada peluang untuk saya ke Ummul Qura?
    Syukran Jaziilan…

  92. Similey Puput Nurovy mengatakan:

    assalamualaikum..
    afwan mas rafiq, boleh saya minta email atau apapun?
    saya mau bertanya tannya masalah umul quro secara lengkap..
    kalo tidak keberatan saya ingin meminta email atau nama fb
    sehingga saya bisa bertanya lebih jauh dengan mudah..

    syukron :)

  93. Nailus Sa'adah mengatakan:

    assalamualaikum……shobahul khoir ustadz rofiq……
    uridu an as ala ‘an…….
    apakah yg boleh ikut beasiswa hanya cowok saja?
    dan apkh law boleh, hrs da mahramnya?

  94. Ihsan Ramadhan mengatakan:

    assalamu’alaikum wr wb…
    ust, afwan,udah pulang ke indo ya?
    afwan ust, boleh minta numbnya ga? ada yg mw ana konsultasikan.
    syukran. jazakumullah khair.

    083872503500

  95. Yusuf @friansyah mengatakan:

    Assalamualaikum.

    Ust Rafiq, dari mana kita bisa tau nama” yang makbul per tahunnya di UQO Ust?
    mohon infonya Ust (085312430038) Jzkllah

  96. musthofal fitri mengatakan:

    ustad ana santri ponpes al falah banjarmasin ana ingin ngelanjutin studi ke uqu surat rekomendasi yg cepat agar di terima di uqu gimana

  97. Andy mengatakan:

    Asslamualaikum. Kayfa khlu. Af. Mau taxa cra ambl formulirx dmana k2

  98. Deden isa almubarok mengatakan:

    assalamu’alaikum
    a rafiq gmna cara bisa masuk ke university ummul quro mekkah?
    apakah saya yg tdk bsa bhsa arab,hafidz qur’an dn baca ktab apakah saya msih bsa ksna??
    dan dmna mndpatkan formulirnya??
    makasih banyak sblumnya.
    blas ke no hp 085624262291

  99. Hafidh Fadhlurrohman mengatakan:

    bismillah, kang rafiq ana berminat masu ummul qura gimana caranya ?

    hafidh fadhlurrohman

    • anin ratna mengatakan:

      Assalamualaikum, salam kenal akh, saya juga bercita2 lanjut s2 d UQU tp diatas akhi katakan UQU lbh utamakan alumninya, kira2 program apa ya akh yg bs saya coba sebelum ambil s2?

      • rafiq jauhary mengatakan:

        mohon maaf saya belum bisa menjawab pertanyaan anda satu persatu,, namun diantaranya sudah saya jawab dalam artikel berikut http://rafiqjauhary.com/2013/07/14/prosedur-baru-mendaftar-umm-al-qura-university/

        disana juga saya jelaskan informasi terbaru tentang prosedur pendaftaran online

  100. Ping-balik: Prosedur Baru Mendaftar Umm Al QUra University | rafiqjauhary.com

  101. rafiq jauhary mengatakan:

    mohon maaf saya belum bisa menjawab pertanyaan anda satu persatu,, namun diantaranya sudah saya jawab dalam artikel berikut http://rafiqjauhary.com/2013/07/14/prosedur-baru-mendaftar-umm-al-qura-university/

    disana juga saya jelaskan informasi terbaru tentang prosedur pendaftaran online

  102. Veerda mengatakan:

    assalamualaikum wr.. wb..
    kakak.. saya mau tanya.. kalo lulusan SMA negeri yang notaben nya tidak tahu berbahasa arab dan tidak pernah sekolah di pondok pesantren bisa gak mengirimkan berkas-berkas juga ke UQU..? terlebih lagi saya seorang perempuan.. saya ingin ambil jurusan pharmacy atau dentistry.. mohon penjelasannya kak… terimakasih.. wassalam..

    • rafiq jauhary mengatakan:

      waalaikum salam.. untuk mendaftar sih bisa aaja, dan tidak ada kriteria harus paham bahasa arab dan harus lulusan pesantren.. cuman yang perlu dipertimbangkan, mbak siap apa nggak memperlajari bahasa arab dan kuliah menggunakan bahasa pengantar full arab?

      kemudian untuk jurusan itu, setahu saya UQU hanya memberi beasiswa untuk jurusan agama saja

  103. naylaturrahmah mengatakan:

    assalamu’alaikum akh…
    ana mau nanya gmna cara buat dftar d ummul quro?

    • rafiq jauhary mengatakan:

      waalaikumus salam,, silakan bisa meluncur ke halaman berikut http://rafiqjauhary.com/2013/07/14/prosedur-baru-mendaftar-umm-al-qura-university/

    • rafiq jauhary mengatakan:

      Waalaikumus salam,, coba antum buka artikel saya tentang ‘prosedur baru mendaftar di umm al qura university’

  104. dilla mengatakan:

    assalamualaikum ustad, di web umul qura saya lihat ada jurusan social work, tapi informasinya terbatas, apakah ada prodi social work untuk s2 ? boleh saya minta alamat email ustad untuk minta bimbingan, syukron jaziilan :))

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.210 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: