hebatnya al-fatihah !


al fatihah
al-fatihah

Layaknya sebuah kata pengantar dalam sebuah buku, al-fatihah pun demikian. Berisi sebuah rangkaian kata yang sangat memikat pembaca, kemudian menjadikan pembaca haus dengan kandungan isi al-quran. Inilah al-fatihah, pembuka. menjadi pembuka dalam kitab (al-quran), al-fatihah juga menjadi pembuka dalam sholat, dan kemudian terus menerus diulang di setiap rokaat sholat, sehingga dijuluki as-sab’ul matsani (tujuh ayat yang diulang-ulang).

Al-fatihah adalah salah satu bukti bukti kebesaran Allah. Dari tujuh ayat indah ini terkumpul lautan ilmu yang sangat luas, tersimpan barokah yang sangat besar dan satu surat inilah yang dijuluki ummul kitab (induknya al-quran), yang merangkum al-quran.

Karena kebesarannya, tak tanggung-tanggung jika para mufassir (ahli tafsir) memaparkan kandungan surat ini mulai kata-perkata. Juga tak heran jika al-fatihah selalu menjadi kajian hangat yang tak pernah kering jika terus-menerus diambil faedahnya. Subhanallah.

Al-fatihah sebagai ruqyah

Salah satu kehebatan al-fatihah yang kerap dilupakan adalah al-fatihah sebagai ruqyah. Diriwayatkan dalam sebuah hadts riwayat imam bukhori dalam bab keutamaan al-quran, nomor 5007), yang maknanya demikian.

Ketika itu abu sa’id al-khudhry bersama rombongannya sedang dalam sebuah perjalanan, kemudian berhenti di suatu tempat. Tiba-tiba datang seorang utusan dari penduduk setempat, dia menuturkan bahwa seorang pembesar di kaumnya sedang sakit, berkali-kali didatangkan tabib namun tak membuahkan hasil. Utusan itu menanyakan, apakah dari rombongan muslim ada seorang yang dapat menyembuhkan. Kemudian abu sa’id al-khudhry berdiri dan kemudian diantarkan ke pembesar kaum itu yang sedang sakit. maka abu sa’id meruqyah, dan atas izin Allah, disembuhkan. Setelah pulang, rombongan kaum muslimin bertanya apakah kamu membacakan jompa-jampi (mantera)? Kemudian dijawabnya. Aku tidak memberinya sesuatu kecuali bacaan al-fatihah. Setelah sampai madinah, ditanyakanlah kejadian itu kepada Rasulullah, dan Rasul membenarkan itu. Bahwa al-fatihah dapat sebagai ruqyah.

Setiap huruf adalah sepuluh kebaikan

Itulah salah satu barokah dari al-fatihah selain pahala yang didapat sebagaimana membaca ayat-ayat lain dalam al-quran, yaitu barang siapa membaca satu huruf dari ayat al-quran maka baginya 10 kebaikan (HR tirmidzi 5/161 [2910]).

Pelajaran adab dari surat al-fatihah

Sebuah adab yang luar biasa telah dicontohkan langsung oleh Allah dalam suratnya. Hal ini kemudian menjadi dasar dikembangkannya kebudayaan dan sopan santun.

Allah mengajarkan bagaimana adab memohon. Ulama mufassirin membagi surat in menjadi dua bagian, diamana 5 ayat pertama berisi puji-pujian, dan 2 ayat berikutnya berisi permohonan. bersambung…

Iklan

8 Replies to “hebatnya al-fatihah !”

  1. Salam akhi ana copy artikel ini dan hebatnya Al-Fatihah 2 dan paste kan di blog ana ya. ana nyatakan kredit sumber. syukran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s