kangen solo


pernah tinggal di solo merupakan kebanggaan tersendiri buat saya. tak tanggung-tanggung, bahkan bapak saya yang dulu membeli mobil jeep buatan eropa (land rover) dari kodim solo hingga kini tidak mau mengganti plat mobilnya (AD7117BB). hehehe

Landy
Landy

kangen solo

siapa sih yang belum pernah dengar nama solo. sebuah kota terbesar kedua di jawa tengah yang kini tumbuh sangat pesat. enam tahun solo mendidik saya dan mengantarkan saya hingga sampai ke depan ka’bah sebagai pelajar.

uhh, hampir di setiap sudut adalah kenangan indah. mulai dari city walk yang menjajakan aneka kuliner khas solo, hingga pasar tradisional klewer yang konon pernah menjadi pasar dengan putaran transaksi terbesar se asia tenggara.

surakartasolo the spirit of java, seperti itulah kota ini dikenal. memamerkan kebudayaan jawa yang kental dengan ajaran islam. masjid agung solo lah yang kini masih menjadi saksi prosesi pengislaman besar-besaran yang hingga kini masih dilangsungkan. namanya syahadatain atau yang lebih dikenal dengan ‘sekaten’.

jangan kira solo hanya dikenal sebagai kota tradisionil, perkembangan infrastruktur pun gencar digemborkan belakangan ini. dua tahun yang lalu, sebelum saya meninggalkan solo saja sudah ada beberapa pusat perbelanjaan yang berdiri. event besar pun tak tanggung-tanggung didirikan.

beberapa tempat-tempat yang saya rekomendasikan untuk dikunjungi:

1. city walk

letaknya di sepanjang jalan raya slamet riyadi, menyuguhkan kuliner kaki lima yang dijamin maknyuuus.. yang lebih siip lagi, di sepanjang area pejalan kaki ini anda dimanjakan dengan layanan hotspot untuk berinternet.

2. sunday morning market at manahan sport country

ini nih komplek olah raga di solo yang memadukan antara tempat olah raga, kuliner pagi, pasar murah dan bagi para pemuda bisa menjadi tempat berkumpul.

3. taman jurug

letaknya di pinggiran kota solo. menawarkan sebuah kebun binatang indah yang dilintasi sungai terpanjang di pulau jawa (bengawan solo).

4. pondok pesantren

ini nih yang rugi untuk dilewatkan. wajib bagi anda pengunjung kota solo untuk silaturohim ke pesantren-pesantren tersohor di negeri ini. mulai dari pesantren al-mukmin ngruki, assalaam, ta’mirul islam dan beberapa pesantren lain yang menjadi induk keislaman di nusantara.

Iklan

9 Replies to “kangen solo”

  1. keep solo comfort, slogan radio solo yg pernah saya dengar.
    thnx udh masukin assalaam di tulisan itu, proud of this boarding school.

  2. Ia, walaupun bru 2 setengah tahun tinggal disolo. Dan sekarang dah balik ke kampung halaman ku. Tpi gimana ya rasanya kok kangen banget. Ya… Kangen sama budayanya. Org2nya yg menurtku sangat unik. Ya mudah mudahan aku bisa balik kesana lg.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s