Prosedur Baru Mendaftar Umm Al Qura University


Gambar

bismillahir rohmanir rohim

setelah memuji pada Alloh Ta’ala, dan memanjatkan doa dan keselamatan untuk Rosululloh. saya memulai tulisan ini dengan permohonan maaf “maaf belum bisa menjawab banyak sekali pertanyaan dari rekan-rekan semua yang ingin mendaftar ke Umm Al Qura University dalam artikel berikut (https://rafiqjauhary.com/2010/02/28/berebut-menuju-ummul-quro-university/)”

sebenarnya pertanyaan yang terlontar hampir sama dan terus diulang, saya kira andaikan rekan-rekan membaca komentarnya satu per satu insya Alloh jawabannya sudah ada.

namun tidak mengapa, saya akan jawab satu persatu dalam artikel pendek ini karena juga ada kabar terbaru yang ingin saya sampaikan.

  1. betul, saya memang pernah diterima di Umm Al-Qura University Makkah. namun saya terkendala dengan visa yang ketika itu bermasalah (permasalahannya tidak perlu saya jelaskan disini, mungkin saya ceritakan dalam artikel lain)
  2. sebelum saya diterima, memang terlebih dahulu saya sudah pernah belajar di makkah selama 2 tahun. baik di Ma’had Al-Harom Al-Makki Al-Syarif, Darul Hadits Al-Ghomidy, beberapa halaqoh ilmiyah, termasuk diantaranya Mustami’ di Ma’had Lughoh Jami’ah Ummul Quro.

jadi, saya tegaskan lagi “status saya saat ini bukan sebagai mahasiswa UQU, namun karena merasa mengetahui sedikit banyak tentang UQU baik prosedur pendaftaran hingga lingkungannya, maka saya senang bisa berbagi pengalaman dengan rekan-rekan semua, terutama melalui website pribadi saya ini. mengingat teman-teman mahasiswa di UQU (karena kesibukannya) belum bisa berbagi langsung dan memiliki fasilitas selapang saya dalam berbagi melalui website”

“selebihnya (tentang Umm Al-Qura University), jika pertanyaan anda belum mampu saya jawab, anda dapat bertanya langsung pada mahasiswanya.. okee?”

saya kenalkan anda beberapa diantaranya, terutama yang akrab dengan saya

  • Khoirul Wafa, beliau aslinya sedaerah dengan saya, magelang. hampir setiap semester mendapatkan penghargaan dari rektor karena selalu mendapatkan IP lebih dari 3,95 mengalahkan mahasiswa-mahasiswa arab sekalipun.
  • Muhammad Nur Kamil, asalnya dari madura. dia tiba di makkah selang beberapa hari dengan saya ketika itu, 2009. terutama jika ada diantara pembaca perempuan yang ingin bertanya tentang kampus perempuan UQU bisa bertanya dengan mas kamil ini. karena adiknya mas kamil ini juga kuliah di UQU, namun tidak bisa saya tampilkan disini account facebook adeknya karena saya pun tidak tahu.
  • Ardan Zakaria, saya mengenalnya dan berteman sejak kami SMP. diantara ketiganya, dialah yang paling akhir tiba di Makkah. asalnya dari sulawesi.

silakan mana diantara ketiganya yang anda anggap paling nyaman untuk diajak ngobrol. toh sama aja kok semuanya masih single. kalau diantara mbak-mbak ada yang membutuhkan wali untuk dapat kuliah di makkah, bisa tawar menawar dengan beliau bertiga ini. sebenarnya masih ada yang lain, namun saya kira ketiga ini cukup bisa membantu.

baik, saya lanjutkan.. tadi sudah sampai nomor 2 yaa..

3. hal baru yang ingin saya sampaikan adalah mengenai gambar diatas, sebuah print screen dari website resmi Umm Al-Qura University yang beralamatkan di http://www.uqu.edu.sa/ teman-teman pun bisa membukanya langsung.

di website inilah anda dapat mendaftar di Umm Al-Quro University tanpa harus seperti tahun-tahun sebelumnya yang untuk mendaftar anda harus membawa berkasnya dan dititipkan hingga bisa masuk ke ruang sekretaris dekan Ma’had Lughoh UQU. pendaftaran dengan model murosalah sebagaimana sebelumnya telah ditutup, dan diganti dengan pendaftaran online seperti layaknya kampus lain di indonesia.

baik, sekarang silakan anda perhatikan gambar diatas. dengan menekan click pada tombol yang saya berikan tanda kotak dan panah berwarna merah, anda akan dialihkan ke halaman berikut http://uquweb.uqu.edu.sa/admission/

formulir uqu

setelah muncul halaman sebagaimana berikut di sisi kiri, tekan lah tombol yang saya beri tanda lingkaran merah, sehingga muncul kolom pengisian formuir. kemudian isilah dengan benar.

baik, seperti ini prosedur pendaftarannya ke Umm Al-Qura University. simpel kan?

semua berkas yang dibutuhkan dapat anda upload ke website UQU.

4. kapan pengumuman jika anda diterima?

pengumuman akan diberitahukan secara resmi melalui website UQU atau surat resmi ke alamat rumah anda sebagaimana yang telah anda tulis pada formulir diatas. ini contoh surat panggilan dari UQU yang dialamatkan ke rumah saya (sudah ada beberapa coretan dari kedutaan besar Arab Saudi)

isy'ar qobul
isy’ar qobul

5. apakah ada syarat hafalan Al-Quran

secara resmi tidak ada, namun semakin banyak hafalan anda tentu semakin membantu. terlebih yang telah hafidz, maka anda dapat katakan bahwa anda seorang hafidz, insya Alloh itu adalah poin yang lebih.

6. apakah harus sudah lancar berbahasa arab

prosedurnya memang begitu anda diterima akan terlebih dahulu ke dalam Ma’had Lughoh untuk mengikuti kuliah bahasa arab selama 4 semester, jadi sekalipun adan belum lihai berbahasa arab tetap ada kemungkinan diterima. namun bersiaplah, karena mayoritas pendaftar adalah alumni pesantren yang telah cukup baik dalam berbahasa Arab

7. berapa banyak jumlah mahasiswa yang dterima dari Indonesia di UQU setiap tahun

tidak lebih dari 5 orang. periode saya yang diterima hanya 2 orang, sebelumnya malah dalam satu tahun tidak ada yang diterima.

8. dari mana rekomendasi yang kuat dan diakui pihak kampus?

tentu yang paling kuat adalah dari ulama atau organisasi yang dikenal dunia, dari indonesia (selain dari kementerian agama) anda dapat meminta ke Majelis Ulama Indonesia atau Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia. jika anda memiliki akses untuk meminta rekomendasi dari dosen UQU tentu lebih baik. seperti halnya saya dulu yang mendapat rekomendasi dari Guru besar Aqidah dan Fiqih Prof Dr Ahmad Saad Hamdan Al-Ghomidi (rohimahulloh)

9. bagaimana jika saya ingin mendaftar ke program pasca sarjana?

sejauh ini UQU dikenal sangat pelit menerima mahsiswa dari kampus lain untuk dapat belajar di program pascasarjana. namun ada satu mahasiswa indonesia berhasil memasukinya di program doktoral. beliau dahulu menyelesaikan S1 di Syria dan S2 di London.

 

ada pertanyaan lain? silakan bisa langsung mengisi komentar di bawah.. 🙂

Iklan

89 Replies to “Prosedur Baru Mendaftar Umm Al Qura University”

      1. Ust, afwan, mina tolong lagi. Ana udh coba daftar melalui jalur baru tersebut, tapi ada kendala dalam memasukkan nomor hp. Semua format penulisan nomor hp beserta kode negara indonesia udah ana coba. Tapi sayangnya ga bisa. Berikut nomor yang pernah ana tuliskan dalam formulir online tsb : 08977512036, 628977512036, 0897751203662, 62628977512036.
        Ga bisa semua ust. Mohon pencerahannya ust..jazakumullah khair.

      2. assalammu’alaikum ustadz afwan…
        ana lulusan D2 ustadz…?
        apakah bisa ikut tes di UQU
        lalu bagaimana syarat untuk mahrom yg menemani…?
        karna ana seorang perempuan
        syukron ustadz
        jazakumullah…

  1. Bismillah mohon maaf sebelumnya untuk masalah wali buat perempuan itu maksudnya gimana deh? Bisa dijelaskan lebih detil? Jazakallah khairan qoblahu

    1. hehehe, cuma becanda aja.. itu kan mas-masnya masih pada lajang.. kalia aja ada yang mau jadi pendamping (istri).. kan statusnya suami menjadi wali atas istri..

      apalagi, kalo suaminya udah di UQU, (biasanya) kesempatan dia masuk ke UQU lebih mudah 😀

  2. assalamu’alaikum ustadz…
    ana mau nanya ustadz, begini sekarang kan universitas ummul quro dbuka lagi,, nah waktu saya daftar kok ada masalah dalam memasukkan nomor telpon, (disebutkan disitu masukkan kode telpon) kode indonesia kan +62, waktu saya masukkan kok g bisa jg….. mohon bantuannya dan penjelasannya ustadz…

  3. assalamualaikum wr.. wb..
    kakak.. saya mau tanya.. kalo lulusan SMA negeri yang notaben nya tidak tahu berbahasa arab dan tidak pernah sekolah di pondok pesantren bisa gak mengirimkan berkas-berkas juga ke UQU..? terlebih lagi saya seorang perempuan.. saya ingin ambil jurusan pharmacy atau dentistry.. mohon penjelasannya kak… terimakasih.. wassalam.

    1. waalaikum salam.. untuk mendaftar sih bisa aaja, dan tidak ada kriteria harus paham bahasa arab dan harus lulusan pesantren.. cuman yang perlu dipertimbangkan, mbak siap apa nggak memperlajari bahasa arab dan kuliah menggunakan bahasa pengantar full arab?

      kemudian untuk jurusan itu, setahu saya UQU hanya memberi beasiswa untuk jurusan agama saja

  4. Assalaamu’alaykum ustad.. Kalau S2 di UQU ada jurusan apa saja ya? College of Social Sciences termasuk jurusan S1/S2? Ana baru tahu kalau beasiswa hanya untuk jurusan agama. Mahasiswa Indonesia sepertinya sangat sulit untuk diterima belajar di sana, terutama perempuan 😦 Mohon do’a dan dukungannya tadz. Semoga ada jalan dan ALLAH ridho. Syukron 🙂

  5. assalamualaikum ust saya pendra dari payakumbuh ust saya mau na nya ust kalau ijazah paket c apa bisa diterima kuliah di ummul al qura ust ???? trus klw bisa ppa saja yg bisa kmi lakukan utk mndaftar di sana ???? sedangkan kami blom bisa bhs arab??? apakah ust bisa bantu kami utk bisa masuk n mendaftar kami kuliah di sana ust??

  6. Assalamualaikum ust Rafiq, syukran atas info yang sangat menarik dari tulisan antum mengenai informasi pendaftaran di Ummul Quro University, yg ingin saya tanyakan adalah mengenai pendaftaran untuk mahasiswa pascasarjana, apa memang susah masuknya, dan kalau boleh tahu apakah antum tahu syarat2 mendaftar di dirasat ulya disana, antum menulis diatas katanya ada 1 orang mahasiswa indonesia yang diterima disana, kalau boleh saya minta nama dan alamat FB nya agar bisa saling sharing dan saling bertukar informasi, Syukran jazakallah ust atas informasinya.

    1. Waalaikumsalam.. setahu saya yang bisa lolos langsung ngambil pascasarjana (doktoral) dari luar UQU hanya ustadz syaukani.. sayang ana nggak tahu kontak beliau..

      Tapi di artikel itu saya berikan kontak temen2 mahasiswa disana.. silakan dihubungi aja

    1. kalau Ummul Qura, nggak lagi menerima pendaftaran dengan cara datang langsung,, murasalah dan muqabalah udah ditutup jalurnya.. kalau mau dafar ya satu-satunya cara yang dengan upload file via website..

      tapi kalau madinah masih bisa dengan muqabalah di kampus.. tapi itu bukan berarti peluangnya lebih besar..

      kalau mau daftar ke saudi, sekalian umrah aja.. paling biayanya sekitar 2100 US Dollar

  7. kalau uang indonesia nya berapa usta 2100 us dollar
    oh ya
    ana usta sudah cba via apload file alhamdulillah dapat roqom tasjilnya tapi belum ada comfirmasinya ke email saya kira kira berapa lama comfirmasinya ?

  8. ustad rafiq ketika saya sedang melampirkan berkas ada tulisan shahadah ‘am
    apakah saya harus melampirkan ijazah dengan yang ada tulisan nilainya atau yang hanya tulisan ijazah nya saja tampa ada tulisan nilai

    1. Wah, cita2 yang bagus dek.. saran saya cari pondok yg punya basic hafalan al-quran, dan ada penguasaan bahasa arab, inggrisnya..

      Kalau saya sendiri alumnus pondok al-mukmin ngruki 🙂

  9. Assalamu’alaikum.
    afwan ust. knpa ana tidk bisa berhasil dalam mendaftar … ??
    selalu salah dalam memasukkan رقم السجل المدني/ الإقامة, padahal sudah benar. kmudian di تأكيد كلمة المرور jga, tolong bantuannnya tadz..
    Yusuf Afriansyah

  10. Ustadz…
    Kalau usia sdh 28 thn, apakah msh ada kemungkinan diterima UQU jk mendapat rekomendasi dr salah seorang dosen S-1 UQU ?
    Apakah adanya surat rekomendasi dr seorang Syeikh sangat berpengaruh bg diterimanya seorang tholib di UQU ?

  11. Ustadz kalo Nilai rapot SMA (Negeri) rata-rata tidak jayyid tapi ijazah Ma’had jayyid. dan hafal Al-Qur’an, serta dapat berbahasa arab, kira kira pertimbangannya gimana ya dari Ummul Qura?

  12. assalaamu’alaikum,.’afwan akh, ana udh cb berkali2 dftr tp ga bs,..:(
    apa mmg ssh ya buat dftr onlinenny?
    tlg infony. syukran…

  13. assalamualikum. .’afwan ustadz, untuk berkas-berkasnya apakah dikirim ketika akan mendaftar atau sesudah mendaftar. terus kalau boleh tau, tolong tunjukin contoh rekomendasi.
    oh ya ka. . . saya baca artikel anda juga, kalau memiliki akses untuk meminta rekomendasi dari dosen UQU tentu lebih baik. seperti halnya saya dulu yang mendapat rekomendasi dari Guru besar Aqidah dan Fiqih Prof Dr Ahmad Saad Hamdan Al-Ghomidi (rohimahulloh). . untuk mendapatkan akses itu bagaimana caranya? trimakasih.

  14. assalamualaikum ustadz saya bukan ingin bertanya tentang UQU tapi saya ingin bertanya tentang ma’had haram.,.,.
    bagai mana cara bisa masuk kesana dan persyaratan apa saja yg harus d penuhi.,.?
    terimakasih.,.

  15. Assalamu’alaikum, mau nanya, gimana cara prosedur pendaftaran untuk program S2 dan S3 nya? mohon info nya….

  16. Reblogged this on aidanur and commented:
    Ya allah …alhamdulillah atas segala karunia yang tak terhinga yang telah Engkau berikan kepada hamba.. bimbing hamba agar pandai mensyukurinya. aamin. Ya Allah.. hamba berharap semoga kelak salah seorang putra hamba menjadi hamba -Mu yang sholeh, penolong agama-Mu. Ya Allah.. hamba memohon kepada-Mu semoga Ia dapat belajar alquran dan ilmu qiraat dari syaikh-syaikh yang sanadnya sampai kepada Rasulullah Saw.. semoga putraku diberi kesempatan untuk belajar Qiraat di Universitas Ummul Quro di tanah suci MAkkah. AAmiin

  17. Afwan, kapan buka pendaftaran untuk tahun 2015? Mohon infonya dan tata cara pendaftaran serta syaratnya terkhusus ubtuk perempuan. Jazakumullah khoyron katsiron

  18. Assalamu’alaikum ustadz, untuk belajar disana apakah dibutuhkan mahram yang menemani belajar?
    Atau ada asrama khusus untuk akhwat yang tidak ada mahramnya?

    1. waalaikum salam, memang disediakan asrama,, tapi tetep syaratnya untuk bisa belajar di sana harus ada mahram yang menemani entah itu suami, kakak, bapak, paman, kakek atau siapa yang bisa menjadi mahram baginya

  19. asalamualaikum ust. artikel singkatnya benar-benar mencerahkan jazakallah dan ana sudah membaca satu persatu. yang mau ana tanyakan apakah ada syarat ijazah maksimal berapa tahun terakhir serta terdapat batasan umur ? karena saat ini ijazah SMK ana sudah 5 tahun yang lalu dan saat ini ana masih menempuh s1 di PTN. jazakallah ust. atas perhatiannya. wasalamualaikum.

  20. maasyaa Allah, afwan ust., anaa cuma mau didoakan supaya bs lanjut studi di Umm Al Qura University. in syaaAllah. aamiinn

  21. Assalamu’alaikum
    Kalau penerimaan mahasiswa baru umul quro tahun 1436 ini kapan dibuka?
    Atau apakah kita bisa daftar online setiap saat ?
    Abu Robbani, Lombok ntb

  22. Ustadz, assalam. Ana ilham, lulusa s1 fisika UI. Apa bisa s2 di ummul quro? Hafalan cuma 3 juz, dan basic bahasa arab sedikit sekali, shorof saja.
    Kalau bisa bagaiaman caranya?
    Mohon bantuannya.

  23. Dulu sempet pengen daftar UQU, tapi gagal juga karena masalah nomor hp. Namun Alhamdulillaah udah maqbul di UIM. Udah lama berteman fb dengan Ust. Khoirul Wafa dan Ust. Ardan tapi belum pernah ketemu.

  24. Assalamualaikum ustaz, aku pengen bertanya… apakah bisa orang bukan dari saudi memohon untuk masuk ke kuliah matematik di universitas umm alqura…. jazakallahukhair…

  25. salam, ustadz saya mau tanya, saya sudah mendaftar tapi kenapa tidak ada waktu pendaftarannya ya? saya bisa minta email ustadz ga untuk detail permasalahnnya. trimakasih

  26. syukron… info yang sangat membantu….
    ini mau tanya:
    hari ini ana coba daftar, alhamdulillah ana sukses memasukan data2 informasi pribadi. dan sudah mendapatkan nomor pendaftaran.
    tp ketika ana mau daftar S2 di البرامج الأكاديمية المتاحة ana klik kolom تقدم الآن di kolom ماجستير setelah itu keluar pemberitahuan:
    رسالة خطأ: عفوا راجع تقويم القبول.
    padahal di kolom ماجستير dikatakan bhw pendaftarn s2 dibuka dr tgl 21 muharram 1437-25 sofar 1437. pertanyaannya: apa penyebabnya? kenapa pemberitahuannya gk sesuai dg tgl yg tertera? apa solusinya?

    1. mungkin ustdz bisa buka websitenya, lalu daftar sprt yg ana lakukan, pasti keluar tulisan: رسالة خطأ: عفوا راجع تقويم القبول

    2. afwan, soal yg mana ya? ana cari2 kok gk ada yg cocok dg soal ana Pada tanggal 23 Nov 2015 15.02, “Hawasyi al-Bantany” menulis:

      > mungkin ustdz bisa buka websitenya, lalu daftar sprt yg ana lakukan, pasti > keluar tulisan: > رسالة خطأ: عفوا راجع تقويم القبول > Pada tanggal 23 Nov 2015 12.40, “rafiqjauhary” <

  27. Saya dan teman2 ingin melanjutkan kuliah d arab saudi jurusan syariah. Teman ustd kami ada yg sedang kuliah di univ. Madinah. apa bisa di jadikan mahram( sebagai syarat saja)

  28. assalamu’alaykum
    kalau jalur mustami’ boleh sambil kerja ngga????
    dan ana belum punya dasar bahasa arab sama sekali.

  29. Assalamualaikum.Apakah sampai sekarang jika pendaftar nya seorang wanita masih harus memiliki mahram di Saudi?
    Jika wanita itu tidak memiliki mahram disana berarti tidak bisa mendaftar dong?
    Tolong dibalas ya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s