yang dilakukan jamaah haji gelombang pertama bag. 2


jamaah haji indonesia 2013
jamaah haji indonesia 2013

oleh: rafiq jauhary

(penulis buku, pembimbing ibadah haji dan umroh)

para jamaah calon haji… dalam artikel ini saya akan melanjutkan pembahasan mengenai apa saja yang dilakukan jamaah haji gelombang pertama (pembahasan sebelumnya dapat anda lihat disini, adapun untuk melihat perbekalan apa saja yang perlu anda persiapkan dapat melihat disini)

bandara internasional king abdul aziz jeddah

setelah melalui penerbangan selama lebih kurang 13 jam, anda akan tiba di bandara internasional king abdul aziz jeddah, terminal haji. terminal haji ini adaah salah satu diantara 4 terminal yang ada di bandara king abdul aziz jeddah. selain terminal haji (mabnal hujjaj), dikenal juga bandara internasional di sisi barat (mathor dauly / mathor syamaly), bandara saudia (mathor januby), dan satu lagi bandara khusus tamu kerajaan (mathor maliky).

setiba di bandara, hal pertama yang akan anda jumpai adalah pemeriksaan imigrasi. maka persiapkan paspor anda, dan bantulah jamaah lainnya untuk mempersiapkan paspor. para petugas imigrasi biasanya akan mudah ‘ngambek’ ketika melihat para jamaah tidak mau untuk diajak berbaris rapi, maka disini peran ketua regu dan rombongan sangat diperlukan.

setelah melalui proses pemeriksaan imigrasi, terlebih dahulu anda akan menuju ke tempat pengambilan bagasi. kemudian selanjutnya barulah anda akan mendapatkan banyak hadiah gratis dari kementerian haji arab saudi, mulai dari buku keagamaan, panduan haji, air zamzam dan masih banyak lainnya.

segala permaslahan di bandara diperkirakan akan selesai dalam waktu 3 hingga 4 jam. barulah kemudian anda akan masuk ke bus yang tersedia berdasarkan rombongan dan melanjutkan perjalanan menuju madinah.

tiba di madinah

perjalanan dari bandara jeddah menuju madinah menempuh jarak 400an KM, dengan waktu tempuh sekitar 6 jam. tidak banyak hal menarik yang perlu saya sampaikan dalam perjalanan dari jeddah menuju madinah, karena sepanjang jalan anda hanya akan menjumpai hamparan padang pasir kosong.

saya justru merekomendasikan perjalanan jeddah menuju madinah untuk istirahat, silakan tidur.

naah, saya kira hanya ini yang perlu saya sampaikan dalam perjalanan haji gelombang pertama..

selebihnya anda hanya akan tinggal di madinah selama 8 hari, di makkah selama 30 hari dan kembali lagi ke Tanah Air. insya Alloh permasalahan lainnya akan saya jelaskan dalam artikel-artikel selanjutnya sesuai dengan temanya.. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s