travel umrah belum berizin


blackberry haji
blackberry haji

dalam artikel kali ini saya akan mencoba membuat ulasan seputar travel umrah yang belum memiliki izin. yup, mengingat saat ini banyak didapati kasus jamaah umrah gagal diberangkatkan, dan hampir di setiap kasusnya melibatkan travel yang belum memiliki izin penyelenggaraan umrah.

saya belum pernah menghitung secara pasti, namun saya mencoba untuk memperkirakan. jika ada 1.000 travel umrah di indonesia ini, maka saya memperkirakan lebih dari 600 diantaranya adalah travel yang tidak memiliki izin memberangkatkan ibadah umrah

diantara travel itu ada berbagai macam jenisnya.

1. travel yang semula menjual tiket penerbangan atau kereta api, namun mengingat tren umrah semakin marak maka kini mereka juga menjadi pemasar atau justru memberangkatkan jamaah umrah. ada banyak contohnya, namun saya tidak akan menyebutkannya.

2. kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) atau juga majelis taklim. mereka memiliki massa yang cukup kuat, karenanya mereka akan menjadi target rebutan para sales marketing travel. dan yang kini menjadi tren, berbekal penguasaan lapangan dan fiqih haji, para kyai pun sudah mulai berani memberangkatkan jamaah umrahnya sendiri.

3. perusahaan baru. biasanya didirikan oleh para mantan karyawan senior dari travel umrah yang memiliki pengalaman. mereka yang telah merasa mampu memiliki pengetahuan luas dan pengalaman tentang dunia umrah, sementara travel yang semula diikutinya tidak memberikan penghasilan / gaji yang layak, tentu mereka akan memilih untuk keluar dan mendirikan perusahaan baru.

yang saya sampaikan di atas adalah sedikit dari jenis travel yang belum memiliki ijin penyelenggaraan umrah. mereka hadir dari kelompok bermacam-macam.

jika anda bertanya bagaimana cara travel ini bisa menerbitkan visa jika belum memiliki ijin? oh itu tidak terlalu sulit. kita bisa mendapatkan banyak perusahaan provider visa umrah. cukup dengan membuat kontrak, maka visa akan keluar.

tapi dalam artikel ini yang akan saya tekankan sebenarnya bukanlah untuk menutup travel yang belum berijin ini. menghapus travel ini bagi saya bukanlah tindakan strategis, dan bisa dikatakan ‘mustahil’. bagaimana bisa menghapus jika karyawan kementerian agama di kabupaten/ kota saja masih belum bisa membedakan antara KBIH, Travel umrah, Travel haji, dan travel haji umrah.

saya lebih sepakat jika kementerian agama tetap membiarkan travel yang belum memiliki ijin, namun menekan perusahaan provider visa untuk lebih mengetatkan kontrak kerja dengan agen-agennya di setiap daerah. bagaimana itu?

jadi begini. akhir-akhir ini jika kita amati, diantara para korban yang gagal berangkat umrah penyebabnya adalah karena tertipu dengan iming-iming umrah murah misalkan membayar 17 juta rupiah, dalam waktu setahun dia akan diberangkatkan ibadah umrah tanpa ada biaya tambahan. padahal sebenarnya masih memungkinkan di tahun lalu berangkat beribadah umrah dengan biaya 17 juta, sementara di 2014 ini, dapat dikatakan kemungkinannya kecil. dollar semakin naik, begitupun harga tiket, hotel dan lainnya.

ini yang perlu diperketat. kementerian agama bisa bekerjasama dengan para provider visa untuk mengawasi para agennya.

*ah, mohon maaf artikel ini ditulis dengan sangat tergesa. semoga cukup bisa dipahami. pertanyaan, bisa langsung di comment yaa..

Iklan

3 Replies to “travel umrah belum berizin”

  1. I’m really enjoying the design and layout of your
    site. It’s a very easy on the eyes which makes it much more enjoyable for me to
    come here and visit more often. Did you hire out a designer to create your theme?
    Superb work!

  2. Hihihii.. Masalah ada travel dan tidakx gada masalah jg sebenarx..cuma masalah masyarakat yg jd jemaahx aja, yg menginginkan harga murah ga masuk diakal…itu kendalax.. Ane jualan tiket dan paket umrah untuk travel, bahkan ada travel berijin yg pesan di ana, Alhamdulillah gada masalah tuh, walau ana gada ijin dan badan usaha.. Ana jual per group 1300$/pax, harga yg wajar dan masuk di akal pula, cuma untuk group minimal 25pax/orang.

    So menulis artikel, antum berkecimpung dulu dalam dunia umrah dan haji, belajar dalam ilmux, baru tulis artikelx. In syaa Allah mengena. Bahkan banyak jg orang yg mampu, menginginkan harga murah tidak masuk di akal perhitunganx, kalo antum belajar dan berkecimpung dalam dunia umrah dan haji, maka akan tau harga dasar travel tsb brp minimal dan maksimalx.
    Kenyataanx ada pada masyarakatx, cuma liat dr kantornya aja, padahal walau orang tidak punya kantor dan PT pun, dapat mengelolah umrah, cuma pengelolahx ga ijo matanya melihat duit banyak yg diamanahkan orang lain kpdnya dan menjaga amanah.. Itu om..

    Mau info umrah dan haji call/WA 081361793063

    1. Komentar anda tidak nyambung dengan isi artikel.

      Adapun. asalah anda meminta saya untuk berkecimpung dalam dunia umrah agar mengetahui seperti apa dunia umrah, saya kira justru menunjukkan bahwa anda belum serius menggeluti umrah sehingga belum mengenal saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s