Umrah Low Season


umrah low season
umrah low season

oleh: Rafiq Jauhary

Namanya aja dunia travel, pasti ada istilah Peak Season dan Low Season. Peak Season tuh saat rame-ramenya orang beribadah umrah, biasanya ada di bulan rabiul awwal, rabiuts tsani, jumadil ula kemudian ramadhan dan liburan sekolah bulan juni. sedangkan selebihnya mulai dari jumadits tsani, rajab, dan sya’ban digolongkan dalam low seoson, yakni saat jumlah peminat umrah sedikit berkurang.

Sudah menjadi teori dalam dunia bisnis, di saat peminat banyak maka harga akan melambung, dan di saat peminat berkurang, maka harga pun akan mengikutinya turun.

Nah, pada saat Low Season inilah biaya perjalanan ibadah umrah anda juga bisa ditekan. Selain maskapai dan akomodasi hotel bisa ditekan, pihak travel penyelenggara pun tidak akan banyak mengambil untung pada bulan-bulan ini. Target mereka adalah perputaran uang tetap sehat. Itu aja. Karenanya beberapa travel pun fleksibel sekali dalam menentukan harga, sedikit tawar menawar pada bulan-bulan ini menjadi hal yang lazim.

pada tahun-tahun ini (2014-2015) peak seoson akan bertepatan pada bulan maret hingga mei. dan tentu saja ada beberapa kelebihan lainnya jika anda memilih umrah pada bulan ini, diantaranya adalah:

1. Harga bisa ditekan

2. kepadatan jamaah di dalam masjidil haram dan masjid nabawi, tidak menyesakkan

3. cuacanya nyaman.

kenapa saya katakan cuacanya nyaman? karena pada bulan-bulan ini negeri arab sedang mengalami masa peralihan dari musim dingin ke musim panas. suhu udara pun berkisar 30 derajat celcius (lebih atau kurang). cuaca seperti ini tentu sangat bersahabat.

Karenanya, jika anda menginginkan ibadah umrah yang nyaman. nyaman di kantong, nyaman cuacanya dan nyaman kepadatannya, anda bisa memilih saat low season seperti ini. demikian ulasan dari saya, semoga bermanfaat.

——————————–

* Penulis adalah Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah resmi bersertifikat dari Kementerian Agama RI. selain menulis artikel, penulis juga produktif menelurkan karya-karya dalam bentuk buku.

anda bisa berinteraksi langsung dengan penulis melalui facebook, twitter ataupun email rafiq.jauhary@yahoo.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s