Muhammad bin Syihab Az-Zuhri


islamic-studies
islamic-studies

Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Muslim bin Ubaidillah bin Abdullah, sedangkan Az-Zuhri adalah nama panggilan yang disematkan oleh para ulama ahli hadits. Selain Az-Zuhri, dalam beberapa literature beliau juga disebut dengan nama panggilan Abu Bakar Al-Madani.

Beliau dilahirkan di tahun 58 Hijriah, di akhir kepemimpinan Muawiyah. Pada tahun itu juga terjadi kejadian wafatnya Aisyah radhiallahu ‘anha, istri Rasulullah SAW.

Beliau tumbuh menjadi seorang remaja di sebuah kota kecil di antara hijaz dan syam, bernama Ailah. Dan menghabiskan waktu senjanya di Sya’bad hingga beliau wafat di tahun 124 Hijriah dan dimakamkan disana.

Salah satu sahabatnya bernama Shalih bin Kisan memberikan kesaksian, “Aku menuntut ilmu bersama Az-Zuhri, dia berkata kepadaku: ‘Mari kita tulis apa yang berasal dari Nabi SAW,’ pada kesempatan yang lain dia berkata pula, ‘mari kita tulis apa yang berasal dari sahabat,’ dia menulis dan aku tidak. Akhirnya dia berhasil dan aku gagal.”

Para ulama mengatakan, ketika itu tulis-menulis memang belum menjadi budaya bagi masyarakat arab, karena sebagian besar dari mereka masih ummi (tidak bisa membaca dan menulis) dan menyimpan ilmunya dengan mengandalkan kekuatan hafalan. Namun Az-Zuhri memiliki prinsip beda, beliau tetap menghafal, namun memiliki nilai lebih yakni menulis. Kegigihannya dalam membukukan hadits pun akhirnya mendapat dukungan besar dari Khalifah Umar bin Abdul Aziz. Dan Imam As-Suyuthi dalam bait Alfiah-nya mengatakan

أول جامع الحديث والأثر ** إبن شهاب أمراً له عمر

Orang pertama yang membukukan hadits dan atsar ** adalah ibnu syihab atas perintah umar

Lebih dari 2200 hadits berhasil dihafal oleh Az-Zuhri, dan beberapa diantaranya tertulis dalam kitab Shahih Bukhari dan Shahih muslim. Beberapa ulama pun memujinya dengan pujian bahwa sanad hadits terkuat adalah yang berasal dari jalur Az-Zuhri dari Salim dari Bapaknya

 

Diantara guru-guru beliau adalah

–          Anas bin malik

–          Aban bin utsman bin affan

–          Ibrahim bin Abdurrahman bin auf

–          Said bin Musayyab

–          Nafi’ Mula Ibnu Umar

 

Diantara murid-murid beliau adalah

–          Zaid bin Aslam

–          Sufyan bin Uyainah

–          Umar bin Abdul Aziz

–          Malik bin Anas

–          Muhammad bin Al-Munkadir

 

Referensi

Al-asqalani, ahmad ibnu hajar. 2004. Taqribu Tahdzib. Riyadh: Darul Ashimah

Ahmad. 2007. Muhammad Bin Syihab Az-Zuhri Wafat 125 H. http://ahlulhadist.wordpress.com/2007/09/04/muhammad-bin-syihab-az-zuhri-wafat-125-h/ (diakses 15 April 2014)

Abu Abdurrahman, As-Sayid. 2011. Ibnu Syihab Az-Zuhri. http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=234642 (diakses 15 April 2014)

Tanpa nama. Akhbar Az-Zuhri. http://library.islamweb.net/newlibrary/showalam.php?ids=12300 (diakses 15 April 2014)

Tanpa Nama. 2014. Muhammad bin Muslim Az-Zuhri. http://ar.wikipedia.org/wiki/%D9%85%D8%AD%D9%85%D8%AF_%D8%A8%D9%86_%D9%85%D8%B3%D9%84%D9%85_%D8%A7%D9%84%D8%B2%D9%87%D8%B1%D9%8A (diakses 15 April 2014)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s