Kedermawanan Sahabat Adiy bin Hatim


Jika berbicara tentang kedermawanan, ada baiknya jika kita belajar pada seorang sahabat bernama Adiy bin Hatim At-tha’i.

Beliau adalah seorang sahabat. Mulanya adalah penganut Nasrani yang taat dan kemudian menyatakan dirinya masuk Islam pada tahun ke 9 Hijriah.

Ketika Rasulullah wafat, dan kepemimpinan dilanjutkan oleh Abu Bakar As-Shiddiq, muncullah beberapa kelompok yang murtad karena menentang diberlakukannya kewajiban Zakat. Di saat orang-orang goyah keimanannya dan cinta dengan hartanya, Adiy bin Hatim justru datang kepada Abu Bakar dan memberikan harta terbaik yang dimilikinya.

semut
semut


Satu hal hebat yang dilakukan Adiy bin Hatim tentang kedermawanannya adalah, beliau selalu memotong bagian kecil dari roti yang dimakannya untuk disedahkan kepada semut. Hewan kecil yang jarang diperhatikan hak makanannya oleh manusia, ternyata Adiy bin Hatim adalah seorang yang memedulikannya. Beliau bahkan mengatakan, 


“mereka itu tetangga dan mereka memiliki hak.”

 

Beliau wafat pada tajun 67 H.

Semoga di bulan #Ramadhan ini kita bisa mencontoh sahabat dermawan ini,, mari sisihkan harta kita untuk sedekah di jalan Allah

– – – – –

ingin bershadaqah untuk saudara kita di suriah? follow @auction4syam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s