Pemuda Dermawan dan Perempuan Pengemis Tua


Tulisan ini adalah salinan dari sebuah status facebook yang saya tulis beberapa saat lalu..

Saya baru saja membaca seorang yang mengisahkan kebaikan sopir angkot, ini menjadikan saya teringat kejadian beberapa bulan lalu..

Ehm ceritanya begini,

Ketika itu saya memiliki sebuah keperluan di Bandung, tepatnya di Jalan Cihampelas (dekat Ciwalk). Selepas menyelesaikan keperluan itu (walau hasilnya gagal) saya mampir di sebuah warung makan di pinggir jalan. Masakannya enak, apalagi Nasinya yang hangat benar-benar cocok dengan gerimis yang ketika itu tiba-tiba mengguyur kota.

Belum sampai makanan saya habis, seorang ibu-ibu tua mendekat ke pemuda penjual warung. Si penjual yang dari logatnya saya ketahui berasal dari sekitar daerah Banyumas pun memberikan makanan kepada si ibu. Nampaknya ibu itu telah langganan makan di warung ini.

Perempuan-Pengemis-Tua

Ketika ibu itu meminta sedikit tambahan nasi, barulah saya ketahui kalau makanan ini diberikan oleh si penjual dengan gratis. dan ini dilakukannya setiap hari untuk si ibu tua itu. Pemuda itu pun mengatakan pada ibu itu, “Aku tambah nasinya aja ya bu, lauknya nggak usah”

Mendengar itu saya langsung memanggil asisten juru masak yang ketika itu sedang mencuci piring, saya minta digorengkan satu paha ayam. Tidak berselang lama setelah ayam itu masak, saya minta untuk diberikan kepada si ibu tua.

Namun malang, ketika hendak membayar, pemuda si pemilik warung itu melarang saya untuk membayar paha ayam yang semula saya pesankan untuk si ibu tua. Katanya, “Kalau masalah makanan untuk dia, itu sudah menjadi tanggungan saya.”

Aaah, betapa beruntungnya si pemuda itu. Dapat memberi makan seorang ibu tua setiap hari.. Bahkan saya tidak diberi kesempatan untuk memberinya sepotong paha ayam goreng..

Semoga masih banyak orang-orang yang memiliki keluhuran pekerti layaknya si pemuda pemilik warung di jalan Cihampelas Bandung.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s