Syaikh Mahir al-Mu’aqily Ternyata Meniru Bacaan Syaikh Muhammad Abdul Karim


Tentu Anda pernah mendengar salah satu imam Masjidil Haram yang satu ini, namanya adalah Syaikh Mahir al-Mu’aqily. Beliau adalah pemilik suara emas yang dapat membaca al-Quran dengan lagu yang indah. Jika Anda belum dapat mengingatnya, berikut saya berikan salah satu contohnya.

Siapa sangka, pemilik lagu yang merdu ini ternyata memiliki kisah romantis dengan gurunya. Singkat cerita, Syaikh Mahir yang ketika itu masih muda begitu mengidolakan salah satu gurunya dalam membaca al-Quran. Setiap kali gurunya menjadi imam dalam shalat jamaah di salah satu masjid di daerah Awali kota Jeddah, dari barisan ma’mum Syaikh Mahir diam-diam menyimak dan berusaha menirukan lagunya.

Saking kuatnya inspirasi yang didapatkan oleh Syaikh Mahir dari gurunya ini, Syaikh Mahir pun beritikad akan menjadi pengikut Syaikh Muhammad Abdul Karim dalam membaca Al-Quran.

Siapa sangka, karena lagu itulah Syaikh Mahir al-Mu’aqily terpilih menjadi salah satu imam di Masjidil Haram. Padahal sejatinya beliau mendapatkan lagu bacaan itu dari seorang imam masjid di Jeddah saat Syaikh Mahir masih muda, dan hebatnya lagi ternyata imam itu tidak mengingat wajah muridnya, namun murid itu yang selalu mengingat gurunya.

Berikut adalah dua video yang mengkisahkan lagu bacaan Quran Syaikh Mahir, satu video adalah penuturan teman kuliah dari Syaikh Mahir, dan satu lagi adalah penuturan dari gurunya. Silakan disimak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s