Membela Abu Hurairah


image

Gambar di atas menjelaskan tentang para sahabat dan jumlah hadits yang diriwayatkannya. Abu Hurairah menjadi sahabat yg meriwayatkan hadits paling banyak, jumlahnya mencapai 5374 hadits. Padahal yang kita ketahui beliau masuk islam pada tahun keenam hijriyah, dan Abu Hurairah sendiri mengakui waktunya bersama Rasulullah hanya selama 3 tahun, mungkin ini perhitungan bersih setelah dikurangi waktu perang dan lainnya.

Atas dasar inilah orang syiah menyerang Abu Hurairah, mereka meragukan 5374 hadits yang diriwayatkannya dalam waktu yang begitu pendek, bahkan mengatakannya sebagai pendusta. Na’udzubillahi min dzalik.

Mari kita coba menghitung, andaikan 3 tahun = 1000 hari, maka jika dibagi dengan hadits yang diriwayatkannya, Abu Hurairah meriwayatkan antara 5 hingga 6 hadits perhari. Tentu ini masih sangat masuk akal.

Hadits adalah perkataan, perbuatan, ketetapan, sifat, dan juga rupa Rasulullah. Apakah sulit seorang yang kesehariannya selalu bersama Rasulullah untuk meriwayatkan hanya 6 hadits perhari. Tentu tidak, apalagi untuk seorang sekelas Abu Hurairah. Karenanya tuduhan syiah sudah jelas menandakan mereka tidak pandai, dan tidak pernah membayangkan bagaimana menghafal 6 hadits perhari.

Mereka menyerang Abu Hurairah dengan harapan hadits hadits yang dibawanya dapat ditinggalkan, utamanya hadits tentang Abu Thalib yang meninggal dalam keadaan belum memeluk Islam, karena Syiah yang begitu menjunjung tinggi Ali, beliau menganggap bahwa ayahnya pun meninggal dalam keadaan muslim. Jika benar itu terjadi maka setidaknya ada 5374 hadits gugur. Sungguh usaha mereka akan sia-sia. @rafiqjauhary

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s