Mengunjungi Ulu Camii di Kota Bursa


oleh Rafiq Jauhary

Ulu Camii adalah Masjid Agung Kota Bursa, Turki. Dibangun mulai 1396 dan selesai pembangunannya tahun 1399 atas perintah Sultan Bayezid I, oleh arsitek Ali Neccar. Masjid yang telah berdiri lebih dari 600 tahun ini hingga sekarang masih kokoh dan digunakan untuk shalat berjamaah.

Menariknya dari masjid bergaya arsitektur Seljuk ini adalah cerita dibalik pembangunan masjid tersebut. Dahulu sang sultan bernadzar untuk membangun 20 masjid bila memenangkan perang Nicopolis. Sayangnya ketika beliau memenangkan perang tersebut, bendahara kerajaan menyampaikan pada sang arsitek bahwa keuangan kerajaan tidak mencukupi untuk pembangunan 20 masjid. Maka atas inisiatif arsitek Ali Neccar, dibuatlah sebuah masjid besar dengan 20 kubah dan diberi nama Ulu Camii.

Dalam bahasa arab ‘Ulu berarti tinggi / agung, sedangkan Camii / Jami’ adalah Masjid yang digunakan untuk berjamaah lima waktu, maka Ulu Camii maksudnya adalah Masjid Agung.

Di dalam masjid ini sang arsitek membangun sebuah air mancur besar sehingga airnya dapat dimanfaatkan untuk berwudhu sekaligus menjadi pendingin ruangan manakala musim panas tiba.

Pada masjid ini juga terdapat peninggalan Kiswah Ka’bah yang semula disimpan di Mesir, kemudian diamankan oleh kerajaan Ottoman saat menguasai Mesir.

– – – – – – –
Taqwa Tours memiliki banyak paket menarik untuk berwisata halal di kota-kota Turki, termasuk di antaranya menyaksikan keindahan Ulu Camii dipandu dengan Tour Leader dan Guide berpengalaman.

info lebih lanjut:
081804090301 (akrim)
081226833166 (rafiq)

 

Iklan

One Reply to “Mengunjungi Ulu Camii di Kota Bursa”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s