[CERITA HAJI] MISTERI KARTU BIRU


adilla
Beberapa hari ini tidak sedikit di antara jamaah haji yang murung dan gelisah mengadukan kepada kami. Singkat cerita mereka gelisah karena sebuah kartu biru yang dibagikan oleh petugas Arab Saudi hilang, sedangkan ketua kloter mengatakam bahwa kartu biru itu adalah bukti penyerahan paspor.
 
“Jika ada di antara jamaah yang kehilangan kartu biru, maka paspor tidak dapat dikembalikan dan proses kepulangan akan tertunda.” Seperti itu katanya.
 
Kami pun mencari tahu apa kartu biru yang dimaksud. Beberapa jamaah kami coba hubungi termasuk juga para pembimbingnya kami mintai keterangan.
 
Setelah mengumpulkan keterangan dari berbagai pihak, kami pun tersenyum, karena hal ini sangatlah konyol.
 
Bagaimana tidak? Kartu biru yang dimaksud adalah kartu nama Maktab Adilla, sebuah lembaga di bawah Kementerian Haji Arab Saudi. Maktab ini bertanggung jawab atas keberadaan jamaah di kota Madinah, dan sebagai bentuk pertanggung jawabannya mereka membagikan kartu nama yang berisi alamat dan nomor telepon maktab.
 
Karena sebatas kartu nama, maka tentu kartu ini dibagikan cuma-cuma kepada seluruh jamaah haji. Sayangnya petugas kloter mengira kartu itu adalah bukti penyerahan paspor.
 
Padahal prosedur pengambilan paspor sama sekali tidak ada sangkut pautnya dengan kartu nama. Paspor milik jamaah akan diberikan oleh pihak Maktab kepada sopir bus yang mengantarkan ke Makkah. Setelah tiba di Makkah pun sopir akan memberikan kepada petugas Maktab lain yang bertanggung jawab di kota Makkah tanpa diberikan kepada jamaah.
 
Arahan ketua kloter yang membuat cemas puluhan jamaah ini adalah salah satu contoh pentingnya peran pembimbing KBIH di samping petugas kloter. Memimpin ratusan jamaah dalam satu kloter tidak cukup dengan pelatihan satu atau dua pekan sebagaimana yang dijalani para petugas.
 
Maka alangkah gegabahnya pemerintah jika sampai membatasi peran KBIH atau mengecilkan pembimbing. @rafiqjauhary
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s