Raml: Lari-lari Kecil Dalam Prosesi Sa’i


Di tengah ritual Sa’i, setiap jamaah laki-laki disunnahkan untuk berlari kecil sejauh 70 meter di sepanjang lampu hijau sebanyak 7x.

Sayangnya banyak yang belum memahami mengapa raml (lari kecil) hanya dilakukan di sepanjang lampu hijau, bukan sepanjang perjalanan antara bukit Shafa dan Marwah sejauh hampir 450 meter.

Hal ini karena di tempat inilah ibunda Hajar berlari kecil, tepatnya di lembah antara kedua bukit. Sedangkan saat ini ketika mas’a (area sa’i) telah direnovasi maka luas lembah pun semakin panjang dikarenakan lantainya yang ditinggikan.

Maka pengelola Masjidil Haram pun (dalam rangka memudahkan para peziarah mengetahui asal lembah) saat ini memberikan lampu hijau di lembah sepanjang 70 meter.

Penanda ini baru dipasang sekitar tahun 2015, adapun sebelumnya penanda lembah dibuatkan lampu yang dibentuk mirip gapura di awal dan akhir lembah, sehingga jika kita membaca buku-buku lama karya ulama akan dituliskan bahwa raml (lari kecil) disunnahkan untuk dilakukan di antara ‘alamatain (dua tanda), sementara dalam terjemahan indonesia sering diartikan dengan ‘dua pilar hijau’. (rafiqjauhary)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s