“DUDUK MANIS SAJA, BIARKAN JAMAAH DIURUS MUTHAWIF”


15443177_10206569752197637_187509871843163475_o
Pelatihan Tour Leader Medan

Mengenaskan sekali, bagaimana bisa kalimat itu sering sekali dilontarkan oleh para Tour Leader umrah.

Bahkan ketika saya bercerita kepada teman-teman bahwa sepanjang mengantarkan umrah maupun haji, saya tidak pernah menyerahkan mic kepada muthawif untuk memberikan taklim atau pengarahan apapun; mereka langsung mengatakan, “trus muthawifnya ngapain?” tentu muthawif mengerjakan hal lainnya.

Maka saya mengira, gaya kepemimpinan seorang tour leader macam judul di atas bisa terjadi karena beberapa kemungkinan. Bisa jadi karena memang dia tour leader yang malas, bergaya bos, tidak menjiwai, capek mengerjakan tugasnya bolak-balik ke tanah suci, atau bisa jadi karena dia tidak mampu mengerjakan tugasnya mengingat keterbatasan ilmunya.

Entah apalah alasannya, tapi tidak sedikit saya menjumpai seorang tour leader umrah yang bahkan mengaji al-quran pun tidak mampu, buta bahasa arab, tidak bisa membaca peta dan dia tidak berusaha untuk mempelajarinya.

Tapi alhamdulillah sepanjang hari kemarin saya menjumpai suasana berbeda. Semangat yang membuncah, mata-mata penuh antusias, dan pertanyaan demi pertanyaan yang mengalir dari para Junior Tour Leader dan calon Tour Leader Andalusia Travindo se Sumatera.

Sang owner ust Candra Lesmana Simamora nampaknya sangat memahami kalau saat ini sumberdaya tour leader memerlukan upgrading secara keilmuan, salah satu langkahnya adalah dengan pelatihan fullday tentang dunia tourleader & muthawif.

Diminta sebagai pembicara tunggal, saya memecah pembahasan hari kemarin dalam beberapa sesi.

Mulai dari sudut pandang keagamaan seorang Tour Leader / Amir Safar, tanggung jawabnya, tantangannya, permasalahan yang dihadapi baik masalah fikih maupun teknis lapangan, tips & trik, juga pertanyaan yang sering ditanyakan jamaah.

Saya juga berbagi pengalaman tentang pembagian tugas dengan muthawif, juga berbagi hal-hal menarik lainnya.

Lebih dari 30 peserta yang hadir mulai dari Aceh hingga Lampung. Dan alhamdulillah sang owner berbaik hati memberikan buku Menjadi Menjadi Muthawif Anda di Tanah Suci kepada seluruh peserta.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s