JANGAN SETENGAH HATI DALAM MELAYANI TAMU ALLAH


Saya banyak memperhatikan sikap Tour Leader dari beberapa travel dalam melayani jamaah umrahnya. Begitupun banyak ngobrol dengan teman-teman baik dari Travel Owner, sesama TL atau juga muthawifnya.

Memang ada beberapa travel yang menerapkan aturan begitu ketat kepada seluruh timnya, namun ada juga yang sangat berantakan sehingga terkesan kurang menghormati jemaahnya.

Ada travel yang mengharuskan timnya berpenampilan necis; sepatu pantofel, hem panjang berlapis jas dan songkok hitam. Tapi ada juga yang mencukupkan dengan sandal jepit, bajunya lusuh dan bau rokok.

Ketika saya ngobrol dengan teman-teman dan ditanya, seperti apa hendaknya penampilan TL atau Muthawif? Saya selalu mengatakan, yang terpenting adalah pakaian yang rapi, dan jangan sampai memberikan jarak antar dia dengan para jamaah.

Pada tipe jamaah tertentu, pakaian necis itu memang penting. Tapi untuk jamaah lainnya justru berpenampilan terlalu necis dapat membuat jarak/kesenjangan dengan para jamaah sehingga suasana terkesan kaku.

Selain dalam berpenampilan, saya pun kerap memperhatikan bagaimana komunikasi dengan jamaah melalui media tulisan. Perhatikan, gambar berikut.

15936790_10208619376384948_5500130015386319978_o

Satu pengumuman dengan tulisan rapi, dan satu lagi dengan tulisan berantakan berwarna merah dan cara menempelkannya pun dengan lakban kertas.

Tentu saya tidak perlu menyampaikan mana dari jenis dua pengumuman itu yang perlu dicontoh dan mana yang harus ditinggalkan karena tidak menghormati jemaahnya.

Dua hal kecil yang saya sebutkan sebenarnya adalah hal yang sepele, mudah untuk diubah, namun ternyata sangat mempengaruhi kredibilitas sebuah travel.

Sayangnya, justru karena ini adalah hal sepele banyak di antara praktisi dunia umrah yang mengecilkan seolah-olah hal ini tidak mempengaruhi kualitas ibadah jemaahnya. Bagi saya, memang hal itu tidak banyak mempengaruhi kualitas ibadah para jamaah. Tapi harus diingat, hal itu mempengaruhi kualitas ibadah kita sebagai pelayan tamu-tamu Allah. (rafiqjauhary)

*Penulis adalah pembimbing haji KBIH Al-Ittihaad kab. Magelang, KBIH Uswatun Hasanah Kota Magelang dan pembimbing umrah Taqwa Tours

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s