WASPADA TRAVEL UMRAH PINJAM IZIN


Rabu, 4 Maret 2018 Kementerian Agama resmi melakukan moratorium perizinan Travel umrah. Ini berarti beberapa Travel umrah yang belum berizin tidak memiliki kesempatan mengajukan izin sebagai PPIU sampai waktu yang belum ditentukan.

Dengan moratorium ini beberapa pengelola travel ada yang langsung mengumumkan bahwa perusahaannya beralih dari penyelenggara umrah ke wisata halal, sebuah trend bisnis baru yang sedang digarap Kementerian Pariwisata. Baik dengan menyediakan paket inbound atau memberangkatkan outbound.

Sayangnya, beberapa Travel lain tetap ada yang nekat menyelenggarakan umrah meski belum mengantongi izin.

Mereka masih berani memberangkatkan umrah meski resikonya dapat digagalkan keberangkatannya oleh Kemenag, ownernya dapat diproses hukum hingga Travel Umrah berizin yang meminjamkan izinnya dapat langsung ditarik legalitas izinnya oleh kemenag.

Praktik meminjam izin ini disorot ketat oleh kemenag bahkan sampai tertuang dalam Peraturan Menteri Agama No. 8 tahun 2018 pasal 41 ayat ke-4 yang berbunyi.

“Dalam hal PPIU meminjamkan legalitas perizinan umrah kepada pihak lain untuk menyelenggarakan perjalanan ibadah umrah, dikenakan sanksi pencabutan izin penyelenggaraan.”

Lalu bagaimana cara masyarakat dapat mengetahui apakah Travel umrah yang diikutinya benar memiliki izin atau sekedar meminjam legalitas izin dari Travel lainnya?

1⃣ Hampir setiap brand nama travel memiliki kesamaan nama dengan nama PT. Waspada travel yang memiliki nama dagang berbeda dengan nama izin PT-nya.

2⃣ Jika perusahaan tersebut mengaku sebagai kantor pusat, maka cocokkan alamatnya dengan daftar penyelenggara yang ada di website kemenag ataupun di aplikasi Umrah Cerdas.

3⃣ Browsing online dengan menuliskan nama PT dan nomor izin umrahnya. Cocokkan dengan website perusahaan yang memiliki izin tersebut.

4⃣ Cek langsung ke kantor Kementerian Agama di Kota/Kabupaten tempat Anda tinggal.

Semoga masyarakat mendapat kemudahan dalam mendapatkan Travel umrah berizin resmi. Amiin.

Rafiq Jauhary

Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

– – – – – – – – – – – – –

Artikel ini dipersembahkan oleh
Taqwa Tours – PT. Taqwa Mulia Wisata
Izin umrah No. 374 tahun 2017

Kantor Operasional
Ruko Taqwa Tours
Jln. Urip Sumoharjo No 37C Wates Kota Magelang (0293) 365959
http://www.taqwatours.co.id

Whatsapp
0811-39-700-700
0811-39-800-800

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s