BELANJA KURMA DI MADINAH


Foto traditzia.com

(bagian 9)

Sahabat Rafiq Jauhary, sejak dahulu Madinah telah dikenal sebagai penghasil kurma dengan kualitas baik. Bahkan sebelum berhijrah ke Madinah pun Rasulullah diberi wahyu melalui mimpi agar berpindah ke sebuah kota yang disana terdapat banyak kebun Kurma, kota itu adalah Madinah.

Lebih lagi ketika sekarang Madinah dikunjungi jutaan peziarah, maka kurma dari berbagai penjuru kota di sekitarnya pun dikirimkan ke pasar-pasar di kota Madinah.

Sekalipun di Makkah juga terdapat pasar kurma, tapi tetap kurma di Madinah kualitasnya lebih baik, pilihannya lebih banyak dan harganya lebih terjangkau.

Nah ketika Anda tiba di Madinah, ada beberapa tempat di sekitar Masjid Nabawi yang bisa dijadikan rujukan membeli kurma.

1. Suq Khudhor / Pasar Induk

https://goo.gl/maps/WdA7jvifJhA2

Tidak hanya kurma, di pasar ini juga dijual berbagai kebutuhan dapur lainnya mulai dari sayur, daging, ikan, buah-bahan dan lainnya.

Jaraknya cukup jauh, sekitar 5 kilometer sebelah barat dari Masjid Nabawi, namun membeli kurma di tempat ini sangat murah terlebih untuk jumlah besar. Jika menaiki taksi, menuju tempat ini cukup dengan 10 riyal saja.

2. Suq Markazi Lit-Tamr / Pusat Pasar Kurma

https://goo.gl/maps/jargRsLpLKR2

Pasar kurma yang satu ini letaknya cukup dekat dengan Masjid Nabawi, cukup berjalan kaki 400 meter dari pintu 6 Masjid Nabawi ke arah selatan.

Di tempat ini kurma pun dijual dalam pasar khusus. Namun selain kurma Anda juga bisa mendapatkan oleh-oleh lain seperti cokelat, kacang-kacangan, madu dan lainnya.

3. Suq Tamr Majeedi / Pasar Kurma Majeedi

https://goo.gl/maps/2Qeikz9VJQA2

Pasar selanjutnya yang terdekat dari Masjid Nabawi terletak di depan Masjid, searah dengan pintu nomer 18., tepatnya di basement Al Majeedi Suites Hotel, satu komplek dengan supermarket Bin Dawood.

Namun pasar al-majeedi ini letaknya agak tersembunyi dan koleksinya hanya terdapat beberapa toko.

Secara harga, berbelanja kurma di al-majeedi ini harganya relatif sama dengan toko-toko di sekitar hotel. Hanya kelebihannya di tempat ini koleksinya cukup komplit.

Rafiq Jauhary

Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s