AGAR TIDAK TERSESAT DI MADINAH


Foto: Jabar ekspres

(bagian 23)

Sekalipun jamaah haji Indonesia mendapatkan pemondokan kurang dari 1 kilometer dari Masjid Nabawi, namun kasus jamaah tersesat di Madinah cukup sering terjadi.

Bukan karena tataletak kotanya yang rumit, justru kota Madinah sangatlah indah dengan penataan yang begitu rapi. Siapa sangka justru karena itulah jamaah banyak yang tersesat.

Mereka dibuat kesulitan membedakan jalan karena semuanya tertata rapi, bersih dengan trotoar luas. Begitupun hotel berbaris rapi dengan tingginya yang sama, bentuk yang sama, ukuran yang hampir sama, warna yang mirip, bahkan lantai lobby-nya pun tidak jauh berbeda.

Lantas bagaimana cara memudahkan para jamaah dalam mengenali pemondokannya sehingga tidak tersesat?

1. Jangan keluar hotel sendirian, karena dengan teman para jamaah dapat saling mengingatkan.

2. Mintalah kartu nama hotel ke bagian resepsionis, kemudian memasukkannya dalam tas Paspor. Pada kondisi darurat Anda bisa mengeluarkan kartu nama tersebut dan menanyakan pada petugas tentang letak hotel Anda.

3. Gunakan handphone yang dibawa, Anda bisa menandai letak hotel di google maps atau setidaknya Anda bisa mengambil foto bagian muka hotel atau bangunan di sekitarnya. Dengan foto itu Anda bisa dengan mudah mencocokkan hotel tempat Anda tinggal.

4. Biasakan untuk memperhatikan nama hotel, penanda seperti nomor hotel, bendera atau hal unik lainnya. Sambil berjalan menuju Masjid Nabawi Anda bisa menengok ke arah hotel setiap 50 meter untuk melihat bagaimana penampakan hotel dari kejauhan, sehingga ketika kembali dari Masjid Nabawi tidak pangling.

5. Perhatikan dari pintu gerbang (pintu pagar masjid) nomor berapa Anda masuk ke area halaman Masjid Nabawi. Maka dari pintu itu pulalah Anda kembali ke hotel. Nomor pintu pagar masjid tertulis dengan huruf cetak tebal yang dapat terlihat dari jarak puluhan meter.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas semoga Anda terhindar dari sesat jalan, ibadah pun lancar. Amiin.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Informasi Haji 2018
https://goo.gl/LY4UjA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s