KALAU SAMPAI RAUDHAH TIDAK BISA SHALAT


Jamaah Haji KBIH Uswatun Hasanah kota Magelang

(bagian 22)

Saking padatnya Raudhah tidak jarang para jamaah kesulitan melaksanakan shalat. Ketika akan rukuk, kepala beradu dengan pantat jamaah lain di depannya. Begitupun ketika sujud, kepala bisa terinjak oleh jamaah yang beranjak berdiri.

Belum lagi dengan lalu-lalang orang yang kerap melewati di depan kita yang sedang shalat, suara berisik bersahutan dan masih banyak drama lain yang membuat shalat kita tidak bisa khusyuk.

Jika berada dalam kondisi demikian, apa yang bisa kita lakukan di Raudhah?

Sebenarnya tidak ada amalan khusus yang dilakukan di Raudhah. Tidak harus dengan shalat, namun juga dapat dengan berdoa, berdzikir, membaca al-Quran atau amal shalih lainnya yang mendekatkan diri kita pada Allah.

Imam an-Nawawi menjelaskan bahwa di antara keutamaan Raudhah adalah ibadah yang dilakukan di Raudhah akan mengangkatnya menuju surga. Dalam penjelasan ini beliau tidak memberikan ketentuan khusus jenis ibadahnya.

Hal ini sesuai dengan apa yang biasa dikerjakan Rasulullah dan dilanjutkan oleh para sahabatnya. Mereka sering menjadikan Raudhah sebagai tempat untuk melakukan shalat sunnah, berdoa, berdzikir, menggelar taklim, bahkan juga ketika menyambut tamu Rasulullah pun melakukan di Raudhah.

Jadi, jangan paksakan shalat di Raudhah ketika kondisi tidak memungkinkan sehingga dikhawatirkan hilangnya rukun akan membatalkan shalat tersebut. Namun lakukanlah ibadah lain yang memungkinkan, dan mencoba menjalankan shalat di Raudhah pada kesempatan lain.

Carilah tempat yang nyaman seperti di pojokan agar lebih nyaman ketika ingin lama-lama berdoa, tidak dilewati orang yang lalu-lalang dan tidak cepat diminta bergantian tempat.

Semoga Anda mendapatkan kesempatan beribadah di Raudhah, jangan lupa doakan penulis di sela-sela doa Anda.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Informasi Haji 2018
https://goo.gl/LY4UjA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s