KENAPA SANDAL SERING HILANG DI MASJID NABAWI?


Jamaah Umrah Taqwa Tours Magelang

(bagian 30)

Pernah melihat jamaah haji pulang dari Masjid tanpa memakai sandal? Jika Anda memperhatikan, hampir setiap waktu shalat kasus seperti ini selalu terjadi.

Ada banyak penyebab masalahnya, bahkan kalau kita uraikan kasus per kasusnya, tulisan ini akan menjadi sangat panjang. Tapi setidaknya saya akan mencoba merincikan agar Anda bisa mengantisipasinya.

1. Jamaah masih terbiasa seolah masuk masjid di kampungnya di Indonesia, sehingga sebelum masuk masjid sandalnya ditaruh di teras depan masjid. Sudah pasti setelah itu petugas kebersihan akan mengambil dan memasukkan sandal tersebut ke tempat sampah atau dikumpulkan di sudut masjid agar tidak mengganggu lalu-lalang jamaah dan ketertiban masjid.

2. Jamaah mungkin sudah menempatkan sandal di rak bagian depan masjid. Namun karena saking padatnya, satu kotak rak sandal kerap diisi hingga empat atau lima pasang sandal. Hasilnya sandal pun tertumpuk sandal lainnya atau ikut terjatuh ketika seorang mengambil sandal yang berada dalam satu kotak.

3. Karena kebiasaan jamaah membeli perlengkapan haji (termasuk sandal) yang sama. Tidak jarang sandal kita terambil (tanpa sengaja) oleh orang lain.

4. Bisa juga orang lain yang menjatuhkan sandal kita dari rak sandal berusaha mengembalikan lagi, namun ia hanya asal menaruhnya di kotak rak sandal yang bukan berada di kotak sebelumnya.

5. Cerita lucu namun sering terjadi adalah jamaah masuk masjid dan menitipkan sandalnya dalam kantong sandal milik temannya. Sayangnya ketika menata shaf shalat ia terpisah dengan temannya sehingga begitu selesai shalat ia kesulitan mencari temannya sampai akhirnya pulang tanpa memakai sandal. Dan masih banyak kasus lainnya.

Nah, untuk mengantisipasi kejadian seperti di atas. Sediakan kantong sandal setiap pergi menuju masjid, masukkan sandal Anda setiap memasuki masjid, kemudian bawalah sandal yang telah dimasukkan dalam kantong di depan shaf shalat Anda.

Dengan demikian Anda bisa mengawasi terus posisi sandal, dan keluar dari masjid tanpa harus ribet mencari sandal dalam tumpukan rak.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Informasi Haji 2018
https://goo.gl/LY4UjA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s