BEDA TARWIYAH DULU DAN SEKARANG


Jamaah haji KBIH AL-ITTIHAAD Kabupaten Magelang

(bagian 43)

Jika Anda pernah mendengar bahwa Tarwiyah berbahaya karena rawan terkena macet sehingga terlambat melakukan wukuf, itu dulu. Sekarang dari Mina ke Arafah telah dibangun jalur ‘taraddudi’ yang hanya bisa dilalui bus shuttle sehingga perjalanan hanya ditempuh kurang dari 1 jam.

Jika Anda pernah mendengar bahwa Tarwiyah harus berjalan kaki antara Makkah-Mina-Arafah, itu dulu. Sekarang tarwiyah bisa diselenggarakan dengan transportasi resmi yang disediakan oleh maktab.

Jika Anda pernah mendengar bahwa Tarwiyah adalah ibadah sunnah yang ilegal karena tidak diakui pemerintah Indonesia, itu dulu. Sekarang tarwiyah diberikan ruang oleh pemerintah, bahkan ketika mayoritas jamaah dalam satu kloter melakukan tarwiyah, maka petugas kloter pun akan mendampingi.

Jika Anda mendengar bahwa menjalankan Tarwiyah sangat menyulitkan karena tidak disediakan makan, itu dulu. Sekarang penyelenggaraan Tarwiyah ditanggung oleh pihak maktab sehingga makanan pun telah disediakan.

Jika Anda mendengar bahwa menjalankan Tarwiyah dengan fasilitas transportasi, makan, tenda, listrik, kamar mandi, petugas keamanan akan memerlukan biaya besar; itu dulu. Sekarang tarwiyah diseragamkan biayanya hanya berkisar 200 riyal untuk semua fasilitas tersebut

Anda hanya perlu belajar tentang bagaimana mengurus proses izin tarwiyah, atau hanya memilih bimbingan haji yang memiliki komitmen terhadap penyelenggaraan Tarwiyah. Tarwiyah itu mudah, tarwiyah itu berpahala besar.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Informasi Haji 2018
https://goo.gl/LY4UjA

Konsultasi Tarwiyah
rafiq.jauhary@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s