JIKA ANDA TIDAK TARWIYAH


KBIH AL-ITTIHAAD Kab Magelang

(bagian 46)

Hampir seluruh negara di dunia menyelenggarakan haji dengan memulainya di tanggal 8 Dzulhijjah, mereka melaksanakan tarwiyah bermalam di Mina hingga pagi hari tanggal 9.

Indonesia masih menjadi salah satu negara yang menyelenggarakan haji dari tanggal 9 langsung prosesi wukuf, walau demikian kini pemerintah telah membuka pintu lebar bagi jama’ah haji Indonesia yang ingin melaksanakan Tarwiyah.

Tapi tahukah Anda, walaupun tidak melaksanakan Tarwiyah, para jamaah pun tetap dijemput dari hotel sejak tanggal 8. Bukan untuk dibawa ke Mina, melainkan dibawa ke Arafah.

Ya jamaah haji Indonesia pada umumnya akan menginap di Arafah pada tanggal 8 Dzulhijjah malam hari. Namun perlu diketahui, walaupun jamaah telah memakai pakaian ihram, tetaplah hal ini bukan termasuk ritual haji.

Jika tidak Tarwiyah, maka para jamaah akan menginap di tenda Arafah dengan fasilitas minim. Tanpa listrik dan tidak ada warung. Dalam kondisi seperti ini waspadalah terhadap cuaca ekstrem seperti hujan deras dan angin kencang yang dapat merusak tenda, karena tenda Arafah hanya dibangun sementara.

Blower AC di tenda Arafah pun jumlahnya terbatas sehingga pada musim panas seperti ini jamaah akan sangat kerepotan.

Dari sisi kepraktisan membawa perbekalan, melaksanakan haji tanpa Tarwiyah pun sangat tidak praktis. Jamaah harus membawa tas tenteng/tas kabin ke Arafah, kemudian diangkut menuju Muzdalifah, baru selanjutnya dibawa ke tenda Mina. Padahal selama di Arafah dan Muzdalifah para jamaah tidak memerlukan pakaian ganti dan bekal yang banyak.

Berbeda dengan jamaah yang melaksanakan Tarwiyah, mereka cukup meninggalkan tas tenteng di tenda Mina, tas ini akan dijaga oleh petugas keamanan selama jamaah melaksanakan Wukuf di Arafah dan Mabit di Muzdalifah.

Selain hal itu, tentu melaksanakan haji dengan langsung wukuf di Arafah akan kehilangan kesempatan mendapatkan amalan sunnah Tarwiyah.

Jika Anda sudah terlanjur bergabung dengan travel haji atau KBIH yang menyelenggarakan haji tanpa Tarwiyah, maka cobalah realistis untuk merekomendasikan kerabat Anda yang akan berhaji tahun depan agar memilih travel Haji atau KBIH yang memiliki komitmen terhadap amalan sunnah Tarwiyah. Tarwiyah itu mudah dan berpahala besar.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Informasi Haji 2018
https://goo.gl/LY4UjA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s