CHECKLIST PERBEKALAN JELANG ARMINA


(bagian 47)

Selama enam hari jamaah haji akan meninggalkan hotel untuk menjalankan ibadah haji di tenda-tenda Armina yang minim fasilitas. Berikut perbekalan yang perlu Anda persiapkan.

1. Identitas Jamaah
Identitas jamaah mulai dari gelang haji, kartu maktab dan lembar dapih sangat diperlukan di tengah keramaian Armina.

2. Tas Tenteng & Tas Paspor
Tinggalkan tas koper dan perbekalan lainnya dalam hotel, saat pelaksanaan di Armina Anda hanya dibolehkan membawa perbekalan dalam tas tenteng/tas kabin.

3. Baju ganti 2 stel
Jangan membawa baju ganti terlalu banyak, toh Anda memakainya hanya dari tanggal 10 siang hingga tanggal 12 atau 13. Maka 2 stel sudah cukup.

4. Peralatan Mandi
Setelah melakukan tahallul awal, Anda sudah dibebaskan untuk mandi. Maka siapkan peralatan mandi. Tidak perlu memakai gayung, cukup membawa sabun, shampo, handuk kecil, serta sikat dan pasta gigi.

5. Perlengkapan kesehatan
Perlengkapan kesehatan seperti obat pribadi, multivitamin, minuman isotonic, dan masker sangat penting dalam perjalanan haji.

6. Alat komunikasi
Jika Anda memakai handphone, maka gunakanlah selama kegiatan di Armina. Jangan lupa persiapkan pulsa yang cukup serta Charger untuk mengisi daya baterai.

7. Terminal stop kontak
Setiap tenda Mina telah disediakan stop kontak listrik di tiang bagian atas tenda. Namun untuk penggunaanya diperlukan beberapa terminal stop kontak agar bisa dipakai oleh para jamaah.

8. Tali, Kain & Bendera
Gunakan tali untuk menguatkan kain skat dan dinding tenda yang kurang rapat. Gunakan juga untuk mengikat bendera identitas kelompok di salah satu ujung tenda, serta untuk memisahkan shaf laki-laki dengan perempuan saat pelaksanaan khutbah di tenda Arafah dengan kain jarik.

9. Penangkal panas
Ada beberapa alat yang perlu disediakan untuk menangkal panas dan udara yang kering, seperti payung, semprotan air, sorban, hand and bony lotion / minyak zaitun, juga kipas angin.

10. Catatan doa dan dzikir
Gunakan waktu-waktu yang tersedia untuk memperbanyak doa dan dzikir. Maka sebelumnya siapkanlah cacatan doa, dzikir, serta Mushaf al-Quran.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Informasi Haji 2018
https://goo.gl/LY4UjA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s