JANGAN LAKUKAN HAL INI KETIKA PROSESI HAJI DI ARMINA


(bagian 48)

Prosesi ibadah haji di Armina memang sangat rawan terpancing emosi. Badan capek, kurang istirahat, fasilitas minim kerap membuat perseteruan antar jamaah. Untuk menghindarinya, jauhi hal berikut

1. Jangan merokok di tempat umum
Selain merokok adalah hal yang tidak disukai dalam Islam, merokok juga sangat mengganggu. Terlebih ketika di Armina yang memiliki wilayah sempit sementara jumlah jamaah sangat banyak akan membuat asap rokok sangat mengganggu.

Asap rokok akan membuat para jamaah yang memiliki gangguan pernapasan semakin tersiksa dan juga meninggalkan bau di kain ihram yang sulit dihapus.

2. Jangan menyerobot antre
Antre di depan pintu kamar mandi sebanyak 5 hingga 10 orang itu hal biasa, terlebih di jam-jam padat pagi atau sore hari.

Jamaah akan sangat marah ketika ada seorang yang (pura-pura) sakit perut kemudian meminta agar didahulukan. Atau ketika ada jamaah ibu-ibu yang menyerobot antrean laki-laki, begitupun sebaliknya.

3. Jangan mencuci baju
Bayangkan bagaimana jengkelnya jamaah yang antre di depan kamar mandi sementara di dalamnya ada jamaah yang asyik mencuci baju. Atau bayangkan bagaimana menjijikkannya suasana tenda Armina jika di sekelilingnya ada jemuran berbagai pakaian dalam.

Setiap jamaah pasti merasakan tidak nyaman karena baju kotor, bau dan berkeringan. Tapi walau bagaimanapun mencuci di Armina adalah pelanggaran besar. Jangan ragu untuk menegur jamaah yang egois melakukannya terlebih di tengah antrean kamar mandi yang mengular.

4. Jangan buang sampah sembarangan
Ciptakan suasana nyaman di tenda Armina dengan membuang sampah pada tempatnya. Sisa makanan, minuman yang terbuang pasti akan menciptakan bau busuk.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Informasi Haji 2018
https://goo.gl/LY4UjA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s