AGAR BERDOA DI ARAFAH LEBIH KHUSYUK


(bagian 49)

Saya menuliskan tulisan ini tepat di pagi hari Arafah, tidak lama lagi prosesi wukuf akan dimulai. Semoga seluruh jamaah diberikan kemudahan untuk menjalankannya.

Mengingat prosesi wukuf hanya berlangsung selama lebih kurang 6 jam (dari masuk waktu Dzuhur hingga matahari tenggelam), maka maksimalkan waktu ini untuk memperbanyak doa dan dzikir dengan khusyuk. Di antara hal yang harus Anda lakukan untuk mempersiapkannya adalah:

1. Makan siang sebelum dzuhur
Jangan menunda makan siang, khusus di hari Arafah panitia penyelenggara ibadah haji akan menyediakan makan siang sebelum dzuhur dimaksudkan agar setelah Dzuhur seluruh jamaah tidak ada lagi yang masih sibuk dengan makanannya.

2. Selesaikan urusan ‘belakang’ sebelum dzuhur
Walaupun toilet pada umumnya akan sepi setelah Dzuhur, tapi tetap para jamaah dianjurkan agar menyiapkan diri (sekalipun harus rela antre panjang menjelang Dzuhur) sehingga ketika waktu Dzuhur tiba maka seluruh perhatian jamaah hanya terfokus pada prosesi wukuf.

4. Mencari tempat teduh yang nyaman
Setelah selesai melaksanakan shalat dan khutbah Arafah, segera tempatkan diri Anda untuk berdoa di tempat yang nyaman. Tidak harus di dalam tenda, Anda bisa mencari tempat untuk berdoa di bawah pohon yang rindang atau di balik pagar.

Usahakan cari tempat yang membuat Anda tidak malu untuk menangis meminta ampunan Allah, atau tempat yang tidak terganggu dari kelompok jamaah yang kerap mengadakan doa berjamaah.

5. Membuka catatan doa
Enam jam adalah waktu yang singkat, namun akan terasa lama bagi seorang jamaah yang tidak mempersiapkan diri. Maka siapkanlah permohonan doa Anda dalam catatan.

Panjatkanlah doa dari teman-teman yang menitipkan doa. Tidak harus berbahasa Arab, namun bisa berbahasa Indonesia atau bahasa daerah. Resapi makna dari setiap doa yang dipanjatkan, dan sertakan hati Anda pada setiap doa yang dibaca.

Terakhir, Rafiq Jauhary berpesan doakan kami di sela-sela waktu Anda yang padat. Semoga diberikan ilmu yang bermanfaat dan keluarga yang taat beribadah kepada-Nya. Amiin.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Informasi Haji 2018
https://goo.gl/LY4UjA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s