BANGUNAN PERTAMA DIBANGUN DI MUKA BUMI


Bangunan pertama yang dibangun di muka bumi berada di kota Makkah

عن أبي ذر رضي الله عنه قال قلت يا رسول الله أي مسجد وضع في الأرض أول قال المسجد الحرام قال قلت ثم أي قال المسجد الأقصى قلت كم كان بينهما قال أربعون سنة ثم أينما أدركتك الصلاة بعد فصله فإن الفضل فيه

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu ia berkata, “Aku bertanya, Wahai Rasulullah masjid manakah yang pertama dibangun di muka bumi?” Beliau menjawab, “Masjidil Haram”

Abu Dzar berkata, “Aku kembali bertanya, kemudian masjid mana?” Beliau menjawab, “Masjidil Aqsa”

Abu Dzar bertanya, “Berapa jarak waktu keduanya?” Beliau menjawab, “Empat puluh tahun, kemudian dimanapun engkau menjumpai waktu shalat, segera dirikanlah shalat, karena keutamaan itu ada pada shalat di waktunya” (HR Bukhari)

🖋 Keterangan:
1. Sejatinya Ka’bah pertama kali dibangun oleh para malaikat sebelum diciptakannya manusia, kemudian dibangun ulang oleh Nabi Adam. Beliau (Nabi Adam) adalah manusia pertama yang membuat bangunan di muka bumi (lihat QS Ali Imran: 96)

2. Tidak diketahui secara pasti, seperti apa bangunan Ka’bah yang dibangun oleh para malaikat, begitupun bangunan ka’bah yang dibangun ulang oleh Nabi Adam. Para ulama hanya berhasil meneliti bentuk bangunan Ka’bah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim hingga saat ini.

3. Ibnu Hisyam menjelaskan dalam Kitab at-Tijan, setelah membangun Ka’bah Nabi Adam menuju ke Baitul Maqdis untuk membangun Masjidil Aqsa.

4. Sekalipun kita tinggal jauh dari kedua masjid yang mulia ini, kita masih dapat mendapatkan keutamaan shalat yakni dengan mendirikan shalat pada waktunya. Wallahu a’lam bish shawab.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Gabung Group Whatsapp Bekal Haji 1
bit.ly/bekalhaji1

Gabung Group Whatsapp Bekal Haji 2
bit.ly/bekalhaji2

(silakan disebarkan, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk semua)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s