MAKKAH MENYIMPAN BANYAK SEJARAH PARA NABI


Makkah menjadi saksi sejarah dari berbagai peristiwa yang dilalui para Nabi.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَرَّ بِوَادِي الأَزْرَقِ فَقَالَ : ” أَيُّ وَادٍ هَذَا ؟ ” قَالُوا : وَادِي الأَزْرَقِ قَالَ : ” هَذَا وَادِي الأَزْرَقِ كَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى مُوسَى عَلَيْهِ السَّلامُ هَابِطًا مِنَ الثَّنِيَّةِ وَلَهُ جُؤَارٌ إِلَى اللَّهِ مِنَ التَّلْبِيَةِ

ثُمَّ أَتَى عَلَى ثَنِيَّةِ هَرْشَاءَ فَقَالَ : ” أَيُّ ثَنِيَّةٍ هَذِهِ ؟ ” قَالُوا : ثَنِيَّةُ هَرْشَاءَ قَالَ : ” كَأَنِّي أَنْظُرُ إِلَى يُونُسَ بْنِ مَتَّى وَعَلَيْهِ جُبَّةٌ مِنْ صُوفٍ عَلَى نَاقَةٍ حَمْرَاءَ جَعْدَةٍ وَهُوَ يُلَبِّي ، خِطَامِ نَاقَتِهِ خُلْبَةٍ وَهُوَ يُلَبِّي”

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwasannya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah melewati lembah al-Azraq lalu beliau bertanya, “Lembah apakah ini?” Mereka menjawab “Ini adalah lembah al-Azraq”

Rasulullah berkata, “Seolah-olah saat ini saya melihat Nabi Musa ‘alaihis salam sedang menuruni dataran tinggi seraya bertalbiyah kepada Allah dengan mengeraskan suara.”

Kemudian beliau sampai di dataran Harsya, lalu beliau bertanya, “Dataran apakah ini?” mereka menjawab, “Ini dataran tinggi Harsya”

Rasulullah bersabda, “Seolah-olah saat ini saya melihat Nabi Yunus bin Matta ‘alaihis salam sedang menunggangi unta merah sedang ia memakai jubah dari buku domba. Tali kekang untanya dari serat pelepah kurma, sambil terus mengeraskan bacaan talbiyah.” (HR Muslim)

🖋 Keterangan
1. Hadits ini dikelompokkan oleh imam Muslim dalam Kitab Shahihnya pada Bab Isra (perjalanan Rasulullah bersama malaikat ke Baitul Maqdis) kemudian diangkat ke langit dan perintah shalat.

2. Syaikh Shalih al Maghamisi (imam besar Masjid Quba) dalam kitab Ayatul Hajji fil Quran menjelaskan bahwa seluruh Nabi sejak masa Nabi Adam hingga Nabi Muhammad, semuanya pernah mengunjungi Kota Makkah dan mengerjakan ibadah haji.

3. Imam Al-Baihaqi dalam Sunan al-Kubra juga meriwayatkan sebuah hadits bahwa ada tujuh puluh Nabi yang pernah melaksanakan shalat di Masjid Khaif (sebuah masjid yang terletak tepat di samping Jamarat Mina). Ini semakin menguatkan bahwa Makkah menyimpan banyak sejarah para Nabi.

4. Hendaknya para jamaah haji dan umrah menyadari akan keutamaan kota Makkah, membawa perasaan ini di setiap shalat, di setiap membaca Al-Quran dan melakukan amal shalih lainnya; sehingga membuatnya lebih mengagungkan keutamaan Tanah Suci dan semakin menambah keimanannya terhadap para Nabi.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Gabung Group Whatsapp Bekal Haji 1
bit.ly/bekalhaji1

Gabung Group Whatsapp Bekal Haji 2
bit.ly/bekalhaji2

(silakan disebarkan, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat untuk semua)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s