DAJJAL TIDAK MAMPU MASUK KE TANAH SUCI


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : لَيْسَ مِنْ بَلَدٍ إِلاَّ سَيَطَؤُهُ الدَّجَّالُ إِلاَّ مَكَّةَ وَالْمَدِينَةَ، لَيْسَ لَهُ مِنْ نِقَابِهَا نَقْبٌ إِلاَّ عَلَيْهِ الْمَلاَئِكَةُ صَافِّيْنَ يَحْرُسُونَهَا، ثُمَّ تَرْجُفُ الْمَدِينَةُ بِأَهْلِهَا ثَلاَثَ رَجَفَاتٍ، فَيُخْرِجُ اللَّهُ كُلَّ كَافِرٍ وَمُنَافِقٍ.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda : “Tidak ada satu negeripun melainkan akan disinggahi oleh Dajjal kecuali Makkah dan Madinah, tidak ada satupun pintu masuknya melainkan ada Malaikat yang berbaris menjaganya, lalu terjadilah gempa di Madinah tiga kali menggoncangkan penduduknya, kemudian Allah mengeluarkan setiap orang yang kafir dan munafik (darinya)”. (HR Bukhari Muslim)

🖋 Keterangan
1. Dajjal adalah makhluk Allah seperti layaknya manusia pada umumnya, ia memiliki banyak aib/kelemahan seperti: badannya pendek, rambutnya keriting, kakinya bengkok, matanya buta di sebelah kanan. Namun karena ia memiliki beberapa hal aneh yang mampu dilakukannya, banyak di antara manusia yang menganggapnya Nabi bahkan ada pula yang menganggapnya Tuhan. Na’udzubillahi min dzalik.

2. Munculnya Dajjal adalah salah satu fitnah terbesar yang muncul di bumi terutama di akhir zaman. Setiap muslim yang mengikuti ahlussunnah wal jamaah wajib meyakini kemunculan Dajjal sebagai tanda akhir zaman, dan diperintahkan untuk berdoa agar terhindar dari fitnah Dajjal.

3. Di antara hal aneh yang mampu dilakukan Dajjal adalah ia mampu berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu sekejap, sehingga hampir setiap tempat di dunia pernah disinggahinya. Dan hampir setiap penduduk dari suatu tempat yang disinggahinya akan menjadi pengikut Dajjal serta pengikut setan-setan yang bersamanya.

4. Dajjal juga memiliki kemampuan lain seperti: menghidupkan orangtua yang sudah mati agar dapat mempengaruhi anak-anaknya yang masih hidup, sejatinya ini adalah tipudaya setan. Dajjal juga mampu berkomunikasi dengan hewan dan benda lain sehingga ia mampu menurunkan hujan, mengatur hewan dan tumbuhan termasuk juga menyuburkan tanah.

5. Dajjal adalah manusia yang sangat pandai beretorika, dia mampu menampakkan sesuatu yang baik seolah terlihat buruk, begitupun suatu yang buruk di mata pengikutnya tampak sebagai kebaikan.

6. Di akhir Zaman tempat Berlindung yang paling aman untuk terhindar dari fitnah Dajjal adalah kota Makkah dan Madinah, karena kedua kota ini dijaga oleh para malaikat. Dan kota Madinah di akhir zaman dibersihkan dari kerusakan yang ditimbulkan oleh orang-orang munafiq sehingga hanya menyisakan orang-orang yang hatinya tulis dalam keimanan.

Semoga Allah menjaga kita dari fitnah Dajjal yang keji. Amiin.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Gabung Group Whatsapp

bit.ly/pesantrenhajiumrah1

bit.ly/pesantrenhajiumrah2

bit.ly/pesantrenhajiumrah3

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s