KEAJAIBAN KANDUNGAN ZAMZAM


عَنْ أَبِي ذَرٍّ رَضِي اللَّهُ عَنْهُ – في خبر إسلامه – قال : قال لي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهٌ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : مَتىَ كُنْتَ هَاهُنَا؟ قَالَ : قُلْتُ : قَدْ كُنْتُ هَاهُنَا مُنْذُ ثَلاَثِينَ – بَيْنَ لَيْلَةٍ وَيَوْمٍ _. قَالَ : فَمَنْ كَانَ يُطْعِمُكَ ؟ قَالَ : قُلْتُ : مَا كَانَ لِي طَعَامٌ إِلاَّ مَاءُ زَمْزَمَ . فَسَمِنْتُ حَتَّى تَكَسَّرَتْ عُكَنُ بَطْنِي وَمَا أَجِدُ عَلَى كَبِدِي سُخْفَةَ جُوعٍ. قَالَ : إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ، إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ.

Dari Abu Dzar radhiyallahu anhu – dalam kisahnya tatkala memeluk Islam – ia berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam berkata kepadaku: “Kapan kamu di sini?” Abu Dzar menjawab: “Saya berada di sini sejak tiga puluh hari yang lalu.” Nabi shallallahu alaihi wasallam bertanya lagi: “Siapa yang memberimu makan?” Abu Dzar menjawab: “Aku tidak mempunyai makanan kecuali hanya minum air zamzam, maka aku menjadi gemuk sampai-sampai perutku buncit (karena banyaknya lemak dan ada lipatan-lipatannya), dan aku tidak merasakan rasa lapar dan lemah.” Rasulullah menjawab : “Sesungguhnya air zam-zam itu berbarakah, sesungguhnya ia adalah makanan yang penuh gizi.” (HR Muslim)

🖋 Keterangan
1. Abu Dzar al-Ghifari adalah seorang sahabat yang termasuk dalam as-sabiqunal awwalun fil Islam (orang-orang yang pertama masuk Islam), beliau berasal dari kabilah Ghifari, ratusan kloter dari Kota Makkah.

2. Sebagai pendatang yang tidak memiliki keluarga di Makkah, dan ketika itu dakwah Islam di Makkah masih sangat terbatas, Abu Dzar yang secara sembunyi-sembunyi masuk Makkah tanpa membawa banyak bekal terpaksa harus bertahan hidup dengan hanya minum air Zamzam selama 30 hari. Padahal secara science, manusia hanya mampu bertahan hidup dengan air selama 21 hari.

3. Barakah dari Zamzam telah membuat Abu Dzar bertahan dalam waktu yang lama, keberkahannya membuat air Zamzam tidak sebatas disebut sebagai minuman, namun Rasulullah mengatakannya dengan istilah ‘makanan bergizi’.

4. Perjalanan haji tahun ini (1440H) bertepatan dengan musim panas, hendaknya para jamaah banyak mengonsumi air zamzam. Baik di Masjid maupun di hotel.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Gabung Group Whatsapp Bekal Haji 1
bit.ly/bekalhaji1

Gabung Group Whatsapp Bekal Haji 2
bit.ly/bekalhaji2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s