FAQ PAKET INTERNET HAJI 2019


bit.ly/pesantrenhajiumrah1

Sarana komunikasi menjadi hal penting dalam perjalanan ibadah haji. Jika dulu para jamaah masih menggunakan telepon dan sms, saat ini kebutuhan ini sudah dapat terwakili dengan paket data internet.

Nah, sebelum berangkat haji ke Tanah Suci, ikuti tips dari Rafiq Jauhary berikut.

📱 Dapatkah HP Saya Digunakan di Arab Saudi?

Insyaallah bisa. Arab Saudi menggunakan jaringan GSM yang sama digunakan dengan Indonesia. Artinya HP yang kita pakai sehari-hari di Indonesia dapat langsung dipakai di Arab Saudi tanpa harus membeli di tempat tujuan.

📱 Dapatkah Nomor Seluler Saya dari Indonesia digunakan Telepon, SMS, dan berinternet di Arab Saudi?

Insyaallah bisa, namun yang perlu diketahui nomor dari operator seluler di Indonesia akan terkena tarif roaming ketika digunakan di Arab Saudi.

Biaya telepon mahal, menerima telepon pun dikenai biaya. Mengirim SMS lebih mahal, dan paket internet yang biasa kita gunakan di Indonesia pun harus disesuaikan dengan paket internet roaming yang relatif lebih mahal.

📱 Lebih Baik Tetap Menggunakan Nomor Seluler dari Indonesia atau Membeli Nomor Baru di Arab Saudi?

Bagi jamaah yang hanya memerlukan paket data internet, hingga kini paket internet roaming yang ditawarkan operator seluler dari Indonesia relatif lebih murah dibanding dengan paket internet dari operator seluler asli dari Arab Saudi. (ikuti Group Whatsapp Bekal Haji, rincian harga paket internet dari beberapa operator akan kami bandingkan dalam tulisan artikel selanjutnya).

Adapun untuk Anda yang memerlukan kemudahan dalam menelepon, mengirim SMS, dan juga sinyal internet yang lebih stabil, nampaknya Anda juga perlu membeli nomor dari operator seluler di Arab Saudi.

📱 Ada Berapa Operator Seluler di Arab Saudi?

Setidaknya ada 3 (tiga) operator Seluler di Arab Saudi. Pertama STC, kedua Mobily, ketiga Zain.

📱 Bagaimana Cara Membeli Simcard dari Operator di Arab Saudi dan Bagaimana Cara Isi Ulangnya?

Sejak mendarat di bandara Madinah (untuk Jamaah Haji Reguler Gelombang 1) dan bandara Jeddah (untuk Jamaah Haji Reguler Gelombang 2) para jamaah sudah akan bertemu dengan banyak orang yang menawarkan simcard.

Karena keterbatasan waktu ketika berada di bandara, banyak di antara jamaah yang belum sempat membeli simcard. Tapi jangan kuatir, Anda masih bisa membeli Simcard di sekitar hotel baik di Makkah ataupun di Madinah.

Memang sedikit agak repot untuk membeli simcard ini Anda perlu menunjukkan identitas berupa nomor paspor serta harus diambil sidik jarinya. Begitupun ketika melakukan isi ulang, Anda pun harus direpotkan lagi karena pengisian pulsa masih dilakukan dengan membeli voucher fisik yang perlu digesek kemudian kodenya dimasukkan ke handphone dengan menambahkan format nomor identitas.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Gabung Group Whatsapp
bit.ly/pesantrenhajiumrah1

bit.ly/pesantrenhajiumrah2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s