MEWASPADAI CORONA VIRUS KETIKA BEPERGIAN UMRAH


Foto: Pikiran Rakyat

Hingga saat ini tidak ada Travel Warning dari pemerintah bagi jama’ah yang hendak bepergian umrah baik dengan penerbangan direct maupun penerbangan transit terkait penyebaran Corona Virus. Jadi, tidak ada yang perlu dikuatirkan secara berlebihan.

Mengutip dari https://www.pharmaceutical-technology.com/features/coronavirus-outbreak-the-countries-affected/ (diakses 7/2/2020) dari 26 negara yang ditemukan terpapar Corona Virus, Arab Saudi tidak masuk dalam daftarnya.

Dari beberapa fakta kesehatan yang disampaikan para pakar, berikut setidaknya kesimpulan yang dapat ditarik:

1. Sebagian besar korban jiwa yang terpapar Corona Virus adalah para lansia yang sebelumnya telah memiliki kendala kesehatan sehingga kekebalan tubuhnya berkurang.

2. Penyebaran Corona Virus kebanyakan ditularkan dari air yang dikeluarkan dari kelenjar di mulut. Baik dari dahak, bersin, atau dari kuman yang banyak menempel di tangan.

3. Corona Virus tidak bisa bertahan lama di udara lepas yang kering, terlebih di suhu udara panas.

Para pakar kesehatan pun tidak ada yang menganjurkan untuk menuda perjalanan antar kota, ataupun perjalanan umrah. Hanya saja ada beberapa hal pencegahan yang baiknya diperhatikan jika Anda hendak melakukan perjalanan umrah.

1. Pastikan tubuh selalu dalam kondisi fit. Karena virus secara umum tidak dapat menyerang seorang yang memiliki kekebalan tubuh yang baik. Maka, konsumsilah makanan sehat dan beristirahatlah yang cukup.

2. Tambahkan multivitamin yang sesuai dengan tubuh Anda; boleh untuk menambahkan madu, atau Habbatus Sauda agar kondisi tubuh Anda lebih terjaga.

3. Gunakan masker terutama di luar ruangan, di kerumunan banyak orang. Seperti di bandara, di Masjidil Haram, Masjid Nabawi, juga di pertokoan. Umumnya masker akan optimal digunakan hanya selama setengah hari, karenanya jangan lupa untuk selalu mengganti masker Anda setidaknya sehari dua kali.

4. Seringlah mencuci tangan Anda terutama sebelum memegang mulut atau hidung.

Demikian cara mewaspadai Corona Virus ketika bepergian umrah dari Rafiq Jauhary. Share artikel ini, semoga bermanfaat.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s