BAGAIMANA NASIB JAMAAH HAJI 1441 H?


Pada mulanya pemerintah Indonesia menunggu keputusan penyelenggaraan haji dari Arab Saudi sampai 12 Mei 2020, karena sampai batas waktu yang ditetapkan belum juga ada keputusan maka waktu menunggu pun diundur hingga 1 Juni 2020.

Tidak mau berlama-lama menunggu keputusan dari Arab Saudi, Singapura menjadi negara pertama yang mengumumkan tidak akan memberangkatkan jamaah haji di tahun 1441 H.

Namun 3 (tiga) hari menjelang bulan Juni, Arab Saudi memberikan angin segar berupa skenario pembukaan lockdown di berbagai kota di Arab Saudi. Namun sayangnya Makkah tidak termasuk di antara kota yang akan segera dibuka lockdown-nya.

Ya, Makkah memang istimewa. Bahkan dalam skenario yang dibuat hingga 26 Juni 2020 belum dibahas kapan lockdown di Makkah akan dibuka. Umrah, Ziarah, shalat di masjid-masjid di Kota Makkah, dan pembukaan jalur penerbangan international juga belum dibahas.

Padahal sejak awal Kementerian Agama RI sudah membuat skenario bahwa kloter pertama untuk jamaah haji reguler akan diberangkatkan pada tanggal 26 Juni 2020.

Jika sampai satu bulan sebelum keberangkatan jamaah haji kloter pertama belum ada keputusan dari Arab Saudi, padahal Pemerintah Indonesia masih meninggalkan banyak PR untuk menyiapkan keberangkatan haji maka dapat disimpulkan bahwa keberangkatan haji di tahun 1441 H / 2020 M kacil kemungkinannya dapat terwujud.

Dengan sisa waktu yang ada, kecil sekali kemungkinan bagi pemerintah untuk menyelesaikan pemeriksaan kesehatan, menyelesaikan bimbingan manasik, memastikan manifest jamaah dll.

Mari berbicara hal yang ‘pahit’. Jika sampai haji di tahun ini tidak dapat diberangkatkan, maka setidaknya mental kita sudah siap.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s