PERJUANGAN BAGI HORECA


Oleh Rafiq Jauhary

Kebetulan kami memiliki usaha di bidang toko frozen food yang mensuplai puluhan horeca. Oiya, Horeca adalah istilah yang jamak dijumpai di industri kuliner, yaitu akronim dari Hotel, Resto, dan Cafe.

Dalam satu bulan tidak kurang 1 ton French Fries (Kentang Goreng) dari berbagai brand kami distribusikan ke mitra horeca di Magelang, Temanggung dan sekitarnya. Belum lagi jika ditambah produk frozen lainnya yang menjadi langganan horeca seperti Sosis, Nuggets, Bakso dll.

Satu bulan terakhir ini (terutama di masa PPKM) belanja Horeca di toko kami jatuh.

Saya berikan satu brand saja sebagai contoh. Kentang goreng premium merk Mydibel yang diimpor dari Belgia, ini salah satu produk paling laris untuk mitra kami.

Pada bulan Juni antara tanggal 1 – 24 kentang goreng Mydibel di satu outlet saja dapat terjual sebanyak setengah ton. Sementara di periode yang sama bulan Juli (data hingga malam ini) baru terjual kurang dari 250 kg. Anda tahu lah, kentang goreng adalah menu paling ‘kacang goreng’ di resto/cafe. Kalau menu yang satu ini ambruk, bisa dikatakan menu yang lain lebih parah.

Dari sekian puluh resto cafe yang menjadi mitra kami, kami mencoba membuat ‘penerawangan’ singkat. Apa yang membuat satu horeca ambruk dan lainnya masih bisa bertahan.

1. Horeca yang dapat bertahan adalah yang memiliki produk takeaway bagus. Harganya reasonable dan kemasan produknya bagus.

2. Horeca yang dapat bertahan juga memiliki menu yang cocok untuk dibungkus dan mudah untuk langsung dimakan di rumah, di kantor, di parkiran, atau di pinggiran jalan. Nggak seru kan, kalau kita mbungkus Soto kemudian hanya dikasih plastik, padahal kita mau memakannya di dalam mobil.

3. Horeca yang dapat bertahan juga yang tidak bergantung pada keramaian jalan, juga tidak bergantung pada ramainya perkantoran, sekolah, ataupun tempat wisata; melainkan yang dekat dengan kepadatan penduduk (rumah tinggal).

4. Horeca yang dapat bertahan juga yang menerapkan prokes dan berhasil meyakinkan pelanggannya bahwa outletnya aman dari resiko penularan Covid-19.

Setidaknya 4 (empat) hal ini yang paling tampak. Silakan bisa Anda menambahkan di kolom komentar berdasarkan ‘penerawangan’ Anda sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: