SEKILAS TENTANG MINA DAN KEUTAMAANNYA


Sambil mengikuti acara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Kab. Magelang, ingatan saya langsung sampai ke kota Makkah.

Dari beberapa tempat penyelenggaraan ibadah haji, jamaah akan tinggal paling lama di Mina. Waktunya bahkan sampai 3 hingga 5 hari.

Yuk coba murojaah. Hehe

Sedikit informasi saja, Mina adalah sebuah lokasi seluas hampir 20 kilometer persegi di sisi tenggara sejauh 6 kilometer dari Masjidil Haram.

Hal yang perlu diketahui juga hampir dari ⅓ wilayah Mina telah diperluas melebihi batas wilayah yang ditentukan oleh Rasulullah. Ada yang diperluas ke arah Muzdalifah, ada yang dengan cara meratakan gunung di sisi kanan-kiri, juga ada yang diperluas ke arah Syisya.

Dari beberapa masjid di Mina, 2 (dua) di antaranya adalah masjid bersejarah. Yaitu masjid Khaif (puluhan Nabi pernah shalat disini), dan ada pula masjid Aqabah (tempat dilakukan baiat Aqabah)

Hal bersejarah lain yang terjadi di Mina adalah turunnya surat al-Mursalat. Surat ini tergolong sebagai surat Makkiyah karena diturunkan sebelum hijrah. Turunnya surat al-Mursalat terjadi tepatnya di sebuah gua di lereng gunung. Para ulama menjelaskan bahwa gua ini berada di dekat masjid Khaif.

Jika melihat pada kondisi yang ada, gunung yang terletak di dekat masjid Khaif adalah gunung Yumana. Yaitu gunung di sisi barat.

Rafiq Jauhary

(ditulis sambil mendengarkan pemateri, jadi maaf kalau bahasa penulisannya kurang enak)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: