Haji 1435 H: Tanah Suci Mengalami Krisis Muthawif


masjidil haram
masjidil haram

Muthawif adalah sebuah istilah dalam dunia haji dan umrah yang berarti petugas pemandu perjalanan atau banyak juga dikenal sebagai guide.

Peran Muthawif dalam perjalanan ibadah haji sangatlah erat, karena merekalah yang:

* Mengantar para jamaah berbelanja di Tanah Suci

* Menunjukkan jalan ketika tersesat

* Mengajari ritual ibadah haji dan umrah

* Menuntun penyelesaian masalah yang menimpa para jamaah

* Menceritakan Sejarah kenabian dan segala hal seputar Tanah Suci

* Memberi tahu tentang budaya orang arab

* Mengajak berwisata kuliner

* Menunjukkan segala hal yang gratis

* Mengajari bahasa arab praktis

* Mengantar ke Rumah Sakit ketika terdapat seorang jamaah yang sakit

* dan berbagai macam permasalahan lainnya

 

Namun sayangnya berut-turut Kerajaan Arab Saudi memulangkan para pelajar / mahasiswa yang memiliki ijin tinggal melebihi batas, padahal selama ini merekalah yang banyak membantu para jamaah haji dan umrah. dan puncaknya terjadi pada musim haji 1434 H dimana terdapat puluhan ribu WNI dideportasi menggunakan pesawat yang dipakai oleh jamaah haji.

Muthawif di kota Makkah saat ini yang tersisa kurang dari 50% jumlah muthawif yang ada tahun sebelumnya. Kondisi ini diperparah dengan semakin ketatnya perizinan haji bagi pelajar / mahasiswa dari Indonesia yang sedang menempuh studi di kota Madinah, Unaizah, Riyadh, Jeddah dan lainnya. Banyak diantara mereka yang sebelumnya diandalkan dapat memback-up kekurangan jumlah muthawif di kota makkah, untuk tahun ini mereka tidak banyak membantu.

Bahkan tidak tanggung-tanggung, Kerajaan Arab Saudi mengancam jika terdapat mahasiswa Indonesia yang menjalankan ibadah haji ke Makkah tanpa adanya izin (tashrih) dari kementerian haji, mereka akan dipulangkan secara paksa ke negara asalnya.

Musim haji 1435 H ini pun pata jamaah terpaksa harus menjalankan ibadahnya tanpa banyak dapat merasakan fasilitas dari para muthawif. Maka dapat diperkirakan cerita para jamaah pun akan banyak berubah. jika pada tahun-tahun sebelumnya para jamaah yang kembali dari menjalankan ibadah haji dapat banyak bercerita tentang sejarah kota makkah dan madinah, namun tahun ini karena terbatasnya muthawif, pengetahuan tentang ini pun akan banyak berkurang.

Petualangannya banyak berkurang, termasuk juga dikgawatirkan jumlah jamaah yang tersesat akan semakin banyak.

Solusi

Permasalahan seperti ini nyaris belum ditemukan solusinya. Namun setidaknya kini mulai beredar beberapa buku yang menguas permasalahan tanah suci dengan harapan buku-buku tersebut dapat menggantikan peran muthawif yang selama ini sangat dekat dengan para jamaah haji.

Diantara buku terbaik sebagai pegangan para jamaah haji dan umrah adalah sebuah buku berjudul Menjadi Muthawif Anda di Tanah Suci. Kami merekomendasikan para jamaah haji dan umrah dapat memilikinya. penjelasan dalam buku ini begitu lengkap dan runtut, namun dijelaskan dengan gaya bahasa ringan dan mudah dipahami.

Menjadi Muthawif Anda di Tanah Suci
Menjadi Muthawif Anda di Tanah Suci

untuk mendapatkan buku ini anda bisa mendapatkannya pada toko-toko buku terdekat di kota anda, atau dapat memesan pada

penulis: 081226833166

 

atau langsung menghubungi penerbit:

Telp/WA : 0821 3744 4400
PinBB : 73D09ED4
Email : alqowam_solo@yaho.co.id

Tinggalkan komentar