Berangkat Umrah dari Kota Kecil


Tidak mudah bagi seorang calon jamaah yang tinggal di daerah untuk berangkat menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci. Dari hampir 1.000 travel umrah resmi yang ada di Indonesia, diperkirakan sepertiganya berebut jamaah di Ibukota Jakarta, sedangkan sisanya lebih banyak berkantor di ibukota provinsi.

Karena itulah calon jamaah yang berada di daerah hanya memiliki pilihan mendaftarkan umrah melalui KBIH, Majelis Taklim, Pondok Pesantren atau malah justru mendaftar di beberapa agen MLM.

Jangankan di luar pulau Jawa, bahkan di Jawa Tengah pun dari sekitar 25 travel umroh resmi, sebagiannya masih berpusat di kota-kota besar seperti Semarang, Solo dan kota-kota di pesisir pantai utara.

Dari beberapa wilayah eks-Karesidenan, baru Karesidenan Semarang, Surakarta dan Pekalongan yang jumlah dan jangkauan Travel umrahnya menyebar. Karesidenan Pati pun kini sudah mulai merata dengan berdirinya beberapa Travel baru di Jepara, Kudus dan sekitarnya.

Sementara di wilayah Kedu, baru Magelang yang memiliki travel umrah berizin dengan nama Taqwa Tours.

Mengingat belum meratanya informasi umrah di beberapa daerah di Kedu, pertengahan tahun 2018 ini Taqwa Tours meluaskan jangkauannya dengan membuka kantor di Temanggung dan akan disusul tahun selanjutnya di Purworejo.

Justru wilayah yang sedikit tertinggal adalah Karesidenan Banyumas yang membentang dari Banjarnegara, Banyumas, Purwokerto, Purbalingga hingga Cilacap belum ada satupun Travel umrah resmi yang berdiri atau membuka cabang resminya disana.

Hal ini membuat tidak sedikit dari penduduknya yang harus rela pergi ke travel resmi di kota terdekat seperti Magelang atau justru memilih untuk sekalian menyeberang ke Yogyakarta dan Semarang.

Dengan belum meratanya informasi umrah di berbagai daerah, diharapkan Kementerian Agama bisa lebih serius dalam membantu mensosialisasikan Travel Umrah Resmi, juga mendorong Travel Umrah Resmi untuk memperluas jangkauan pasarnya. Dengan demikian diharapkan para calon jamaah terhindar dari berbagai modus penipuan yang masih banyak dijumpai dalam dunia umrah.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s