MENGATASI JETLAG


Serial Tips Haji Reguler Gelombang Satu

(bagian 2)

Didorong dengan semangat ibadah yang tinggi, tidak sedikit di antara jamaah yang mengabaikan rasa capek. Karena di benak mereka hanya ada satu ibadah ke ibadah lainnya, padahal sebenarnya tubuh mereka menuntut waktu untuk istirahat.

Semangat beribadah ini juga terpengaruh dengan perbedaan waktu antara Indonesia dengan Arab Saudi. Para jamaah tidak sedikit yang telah siap berangkat ke masjid pukul 1 dini hari, hal ini karena di kamar hotel mereka tidak bisa tidur dan merasakan badan sudah fresh.

Keadaan seperti inilah yang dinamakan jetlag. Karena perlu diketahui pada saat yang sama pukul 1 dini hari waktu Madinah adalah sama dengan pukul 5 pagi di Indonesia. Inilah mengapa setiap pukul 1 dini hari jamaah haji sudah merasakan badan yang segar dan seolah tergesa ingin pergi ke masjid.

Untuk mengatasi jetlag ini ada beberapa hal yang harus dilakukan.

  1. Segera ganti waktu di jam tangan atau di handphone Anda dengan waktu Arab Saudi. Waktu Arab Saudi adalah 4 jam lebih lambat dengan Waktu Indonesia Barat. Jangan sampai ketika sampai di Arab Saudi para jamaah masih beraktifitas layaknya di Indonesia.
  2. Istirahatlah yang cukup, agar badan mulai beradaptasi. Latihlah untuk tidak mengantuk ketika sore hari, dan latihlah untuk tetap berbaring di tengah malam. Begitupun di siang hari, biasakan untuk istirahat walau hanya sesaat. Baik sebelum dhuhur atau setelahnya.

Ketika waktu istirahat sudah terkondisikan, Anda bisa mulai belajar mengatur kegiatan lain dan juga waktu beribadah.

Semoga kegiatan Anda di Tanah Suci tetap lancar, badan pun sehat. (bersambung)

Rafiq Jauhary

Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s