MENGAPA DISEBUT HARI TASYRIQ TANGGAL 11-13 DZULHIJJAH?


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Idul Adha merupakan hari raya yang sangat istimewa, yaitu keterikatannya yang kuat dengan syariat haji. Tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah kerap dinamakan dengan hari Tasyriq.

Mengapa dinamakan hari Tasyriq? Pendakwah, Ustadz Rafiq Jauhary, menjelaskan penamaan tiga hari yang diharamkan berpuasa itu. 

Menurut Ustadz Rafiq yang merupakan alumnus Darul Hadits Al-Ghomidy, Awaly, Makkah ini, para ulama mengenalkan asal-usul istilah tasyriq kepada umat Islam dengan beberapa pendapat. 

Pendapat pertama menjelaskan bahwa dinamakan Tasyriq karena pada hari sebelumnya (10 Dzulhijjah) umat Islam bersama-sama menjalankan sholat Idul Adha dqi waktu setelah matahari terbit (syuruq). 

Pendapat kedua, menjelaskan bahwa di antara kebiasaan masyarakat Arab zaman dahulu adalah mengawetkan daging qurban dengan cara menjemur sehingga menjadi daging kering, di Indonesia proses ini hampir sama dengan membuat dendeng. 

“Proses menjemur ini dikenal dengan nama tasyriq, karena daging-daging akan dimiringkan ke arah timur (syarqun) seiring matahari terbit,” katanya. 

Sementara itu, hari nafar yaitu 12 dan 13 Dzulhijjah. Istilah ini lebih sering digunakan dalam praktik penyelenggaraan haji. 

Nafar artinya membubarkan diri, dinamakan dengan ini karena pada hari tersebut jamaah haji diperbolehkan untuk keluar dari Mina untuk kembali ke kediamannya masing-masing. 

Seorang yang keluar dari Mina pada 12 Dzulhijjah sebelum maghrib dia telah mengambil waktu nafar awal, sedangkan yang menunda hingga 13 Dzulhijjah dia telah mengambil waktu nafar tsani.  

https://www.republika.co.id/berita/qwlhwv320/mengapa-disebut-hari-tasyriq-tanggal-1113-dzulhijjah?fbclid=IwAR0SbOpW4Tkb33HiMaxvdMCiSpuN7ef2QFBj_jl3ChOk9qJZricbzgYHXY0

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: