Sejarah Amul Wufud, Tahun Utusan


amul wufud
amul wufud

Dinamakan ‘Amul Wufud karena pada tahun itu (9 Hijriyah) datang berbagai utusan dari beberapa kabilah menemui Rasulullah untuk menyatakan bahwa mereka beserta kabilahnya tertarik dan masuk dalam Agama Islam.

Sebagaimana disebutkan dalam kitab referensi sejarah berjudul Rahiqul Makhtum, karya Syaikh Shafiyur Rahman Al-Mubarakfury, sejatinya para utusan ini telah datang bahkan sejak tahun ke-5 Hijriyah yakni dengan datangnya Munqid bin Hayyan dari kabilah Abdul Qais. Begitupun juga dengan utusan dari kabilah Daus yang menemui Rasulullah di Khaibar tahun ke-7 Hijriyah sejumlah 80 keluarga. Terdapat juga Farwah bin Amr Al-Judzamy yang berasal dari daerah Mu’an, suatu daerah yang masih berada dalam kekuasaan Romawi.

Sedangkan di tahun ke-8 Hijriyah muncul Ziyad bin Al-Harits yang berasal dari daerah Shuda’ di Yaman. Dia mendatangi Rasulullah yang semula sudah siap untuk mengirimkan pasukan perangnya guna memerangi kaum Shuda’, namun Ziyad bin Al-Haris datang dengan membawa berita bahwa kaumnya telah siap untuk memeluk Islam, sehingga dengan berita itu pun Rasulullah memerintahkan agar pasukan perang ummat Islam ditarik, dan 15 utusan dari Shuda’ datang kepada Nabi menyatakan sumpah setia pada ajaran Islam.

Di tahun ke-8 Hijriyah pula muncul Ka’ab bin Zuhair seorang penyair terkenal yang diantara syair-syairnya kerap ia sisipkan beberapa sindiran pedas dan celaan terhadap Rasulullah. Dia datang ke Madinah di tahun itu dan menyatakan dirinya masuk Islam.

Sedangkan puncak dari wufud (utusan-utusan) itu adalah pada tahun ke-9 Hijriyah, yakni setelah Ummat Islam mengadakan Fathu Makkah (Pembebasan Kota Makkah). Diantara utusan yang datang pada tahun ke-9 Hijriyah adalah…

dapatkan informasi sejarahnya lebih lengkap mulai dari dimulainya ‘Amul Wufud Hingga Rasulullah SAW wafat, caranya, click link berikut amul wufud.doc

file dalam link berikut adalah tulisan yang saya rangkumkan dari buku karya Syaikh Al-Mubarakfury dan Muhammad Husain Haekal. Berisi 8 Halaman, dengan besar file 26,4 KB dan dijamin bebas virus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s