SUDAH MENCOBA KOPI ARAB?


(bagian 24)

Sudah beberapa hari tinggal di Madinah, sayang jika belum mencoba uniknya kopi Arab / Qahwah Arabiyah (baca: Gahwa Arabi) yang kaya akan rempah.

Tahukah Anda, istilah ‘kopi’ pada mulanya adalah serapan dari bahasa Arab قهوة Qahwah kemudian dalam bahasa Turki menjadi ‘Kahve’ dan selanjutnya orang Eropa mengenalnya sebagai ‘Coffee’.

Pada perjalanannya kopi sudah dikenal oleh para ulama terdahulu dan dijadikan sebagai teman dalam setiap penulisan karya ilmiah. Dengan meminum kopi badan menjadi lebih segar, pikiran pun fresh.

Karena khasiatnya itu, di permulaan abad ke 10 hijriyah sampai pernah ada beberapa ulama dari Syria dan Mesir yang mengharamkan kopi, namun pendapat ini pun akhirnya diluruskan oleh ulama lainnya bahwa kopi boleh untuk dikonsumsi.

Kopi Arab menjadi unik dibanding kopi lain karena disajikan dengan warna kuning kecokelatan. Warna ini dihasilkan dari proses roasting (sangrai) yang tidak lama, dan campuran bahan lain seperti kapulaga, bunga saffron dan cengkeh.

Pada penyajiannya kopi Arab yang ada dalam termos akan dituangkan dalam gelas cangkir kecil, kemudian ditemani dengan jenis kurma sukkari atau makanan manis lainnya.

Kopi Arab memang disajikan tanpa dengan campuran gula, jadi rasanya masih sangat pahit layaknya jamu. Cara meminumnya adalah dengan menyeruput sedikit kopi, kemudian memakan kurma atau manisan lain sebagai penawar rasa pahitnya. Begitu dilakukan berulang kali sampai kopi yang disajikan habis.

Warga Arab sering menghidangkan kopi kepada tamu sebagai bentuk penghormatan. Bagi jamaah haji, Kopi Arab akan banyak dijumpai di Masjidil Haram atau Masjid Nabawi utamanya sebagai hidangan buka puasa senin dan kamis.

Warga lokal Arab di hari tersebut akan menawarkan minuman panas dalam termos yang berisi teh atau kopi. Jangan malu ketika ditawari hidangan berbuka, justru mereka sangat terhormat jika bisa memberikan sajian kepada Anda sebagai jamaah haji / tamu Allah.

Ingin membeli kopi Arab sebagai oleh-oleh? Anda bisa mendapatkannya di toko kurma, atau di supermarket seperti Bin Dawood, Noori, Abraj Mall atau lainnya.

Mulai dari kopi Arab Tradisional, hingga Nescafe pun memiliki produk khusus kopi Arab dengan brand Arabiana. Selamat mencoba.

Rafiq Jauhary
Pembimbing Ibadah Haji dan Umrah

Informasi Haji 2018
https://goo.gl/LY4UjA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s